Israel pulangkan salah satu prajuritnya yang hilang sejak 1982 di Lebanon

[Seorang prajurit Israel yang hilang dalam perang Sultan Ya’kub tahun 1982 berhasil ditemukan dan dikembalikan ke Israel. Pemulangan kerangka prajurit tersebut berlangsung atas bantuan Rusia.

BY 4adminEdited Thu,04 Apr 2019,03:18 PM

Tel Aviv, SPNA - Militer Israel mengumumkan bahwa Israel berhasil memulangkan jasad salah satu angota militer yang hilang di Lebanon pada tahun 1982. Hal tersebut berlangsung berkat bantuan negara ketiga.

Jasad prajurit yang bernama Zakharia Baumel tersebut, berhasil dipulangkan setelah 35 tahun divonis hilang dalam pertempuran Sultan Ya’kub, Juni 1982, antara Suriah dan Israel. Sultan Ya’kub merupakan sebuah wilayah Lebanon yang terletak di dekat perbatasan Suriah.

Terdapat tiga prajurit Israel yang hilang dalam pertempuran tersebut. Namun salah satu dari mereka berhasil dipulangkan beberapa hari lalu ke Israel berkat bantuan negara ketiga yang melakukan negosiasi dengan Lebanon. Proses permulangan jasad prajurit penjajah tersebut juga dibantu oleh Badan Intelijen Israel.

Militer Israel tidak menyebutkan identitas negara ketiga yang membantu Israel. Namun salah satu media Israel, Channel 13, mengungkapkan bahwa negara tersebut adalah Rusia.

Juru bicara resmi militer Rusia pada bulan September lalu mengumumkan, bahwa militer Israel meminta bantuan Rusia untuk menemukan tiga prajuritnya yang telah diketahui keberadaannya di Suriah. Dalam pernyataan tersebut juga disebutkan, bahwa Rusia telah melakukan beberapa penjajakan dengan Suriah untuk membantu Israel.

(T.HN/S: BBC)

leave a reply
Posting terakhir