Opini: Menjadi tahanan di penjara Israel adalah pahlawan

Ramzy Baroud adalah jurnalis, penulis, dan editor Palestine Chronicle. Ia telah menulis sejumlah buku tentang perjuangan Palestina termasuk 'The Last Earth: A Palestinian Story'. Baroud memiliki gelar Ph.D. dalam Studi Palestina dari University of Exeter dan merupakan Sarjana Non-residen di Pusat Studi Global dan Internasional Orfalea, Universitas California Santa Barbara.

BY 4adminEdited Thu,11 Apr 2019,01:15 PM

Oleh: Ramzy Baroud

Tahanan Palestina di penjara-penjara Israel bersiap untuk melakukan mogok makan massal. Kondisi mengerikan di penjara-penjara ini semakin memburuk dalam beberapa bulan terakhir, terutama sejak pengumuman Menteri Keamanan Publik Israel, Gilad Erdan, bahwa "pesta telah berakhir".

Pada 2 Januari, Erdan berjanji untuk "memperburuk" kondisi di mana hampir 6.000 tahanan Palestina ditahan, ratusan dari mereka dalam 'penahanan administrasi' - artinya tanpa perwakilan hukum atau pengadilan.

Tindakan keras itu, yang direkomendasikan oleh Erdan, dimasukkan ke dalam kebijakan pemerintah Israel yang lebih besar yang memperburuk penderitaan semua warga Palestina, untuk mengantisipasi pemilihan umum Israel.

Pada 24 Maret, bentrokan sengit terjadi antara tahanan dan penjaga Israel, yang mengarah ke penggerebekan oleh pasukan Israel di penjara Ramon, Naqab, Nafha, Eshel dan Gilboa. Banyak tahanan terluka, beberapa lainnya dalam keadaan kritis.

Kesaksian singkat di bawah ini diberikan oleh tiga tahanan Palestina yang dibebaskan, yang berharap untuk berbagi sekilas tentang bagaimana tahanan Palestina di penjara-penjara Israel telah diperlakukan, jauh sebelum tindakan ketat Erdan dan penggerebekan dengan kekerasan.

'Mereka membakar kemaluanku'

Kesaksian ini datang datang dari Mohammed Abul-Aziz Abu Shawish. Ia lahir di kamp Pengungsi Nuseirat di Gaza pada tahun 1964. Keluarganya berasal dari Barqa, sebuah desa di Palestina selatan yang secara etnis dibersihkan pada tahun 1948. Ia menghabiskan sembilan tahun penjara setelah didakwa memiliki sebuah senjata dan menjadi anggota gerakan Fatah. Berikut adalah penuturannya:

“Saya ditangkap oleh Israel tujuh kali; pertama kali saya berumur enam tahun. Itu terjadi pada tahun 1970. Kemudian, mereka menuduh saya melempar batu ke tentara Israel. Saya ditangkap lagi ketika saya masih remaja. Waktu itu saya dipukuli dan seorang perwira Israel menyalakan korek api di bawah alat kelamin saya. Mereka menanggalkan pakaianku dan meletakkan celana dalamku di mulutku untuk meredam teriakanku. Saya merasakan sakit ketika saya mencoba menggunakan kamar mandi selama beberapa hari setelah kejadian itu."

Penjara terakhir saya adalah yang terpanjang. Saya ditahan pada 23 April 1985, tetap di penjara selama sembilan  tahun, dan dibebaskan setelah penandatanganan Kesepakatan Oslo.

Bahkan di penjara, perjuangan untuk hak-hak kami tidak pernah berhenti. Kami berjuang melalui mogok makan dan mereka melawan kami dengan isolasi dan siksaan. Segera setelah administrasi penjara menyetujui tuntutan kami, untuk mengakhiri pemogokan kami, mereka perlahan-lahan akan merampas segala yang kami capai. Mereka akan menahan makanan, mencegah kunjungan keluarga, bahkan mencegah kami bertemu dengan teman-teman penjara kami sendiri. Mereka sering menyita buku-buku kami dan materi pendidikan lainnya tanpa alasan apa pun.

Ketika saya dibebaskan pada 8 Januari 1994, saya bergabung dengan unit rehabilitasi tahanan di Kementerian Tenaga Kerja. Saya mencoba yang terbaik untuk membantu sesama tahanan yang dibebaskan. Sejak saya pensiun, saya menulis sebuah buku berjudul: "Sebelum Penyiksaku Mati", merinci tahun-tahun penjara yang saya jalani.

Saya bukan penulis yang terlatih, saya hanya ingin dunia tahu tentang keadaan kami.”

‘Tidak ada kata’

Sana'a Mohammed Hussein al-Hafi lahir di Tepi Barat. Ia pindah ke Jalur Gaza setelah bertemu dengan calon suaminya. Selama 10 bulan ia menjalani masa di penjara dan lima bulan lagi di bawah tahanan rumah karena mentransfer uang ke 'entitas bermusuhan (Hamas)'. Ia menuturkan:

“Pada Mei 2015, saya ingin mengunjungi keluarga saya yang tinggal di Tepi Barat. Saya sangat merindukan mereka karena bertahun-tahun saya tidak bertemu mereka. Tapi, begitu sampai tiba di Persimpangan Beit Hanoun (Eretz), saya ditahan oleh tentara Israel.

Cobaan saya pada hari itu dimulai sekitar pukul 7.30 pagi. Tentara menggeledah saya dengan cara yang memalukan. Mereka memeriksa setiap bagian tubuh saya. Mereka memaksa saya membuka pakaian sepenuhnya. Saya tetap dalam kondisi itu sampai tengah malam.

Pada akhirnya, mereka merantai tangan dan kaki saya dan menutup mata saya. Saya memohon kepada petugas yang berwenang untuk mengizinkan saya menelepon keluarga saya karena mereka masih menunggu di seberang. Para prajurit setuju dengan syarat bahwa saya menggunakan frasa yang tepat: "Saya tidak akan pulang malam ini," dan tidak lebih.

Kemudian lebih banyak tentara datang. Mereka melemparkan saya ke belakang truk militer besar. Saya merasakan kehadiran banyak anjing dan pria di sekitar saya. Anjing-anjing menggonggong dan orang-orang tertawa. Saya sangat takut.

Saya dibawa ke kompleks militer Ashkelon, tempat saya digeledah lagi dengan cara yang sama rendahnya, dan ditempatkan di sel yang sangat kecil dengan cahaya redup. Baunya mengerikan. Itu sangat dingin meskipun itu awal musim panas. Tempat tidur itu kecil dan kotor. Selimut pun demikian. Para prajurit mengambil semua harta saya, termasuk arloji saya.

Saya tidak bisa tidur karena saya diinterogasi setiap beberapa jam. Saya akan duduk di kursi kayu untuk waktu yang lama untuk menjalani rutinitas yang sama, diisi dengan teriakan, hinaan dan kata-kata kotor. Saya disimpan di kompleks Ashkelon selama tujuh hari. Mereka mengizinkan saya untuk mandi sekali, dengan air yang sangat dingin.

Di malam hari, saya mendengar suara pria dan wanita disiksa; teriakan marah dalam bahasa Ibrani dan Arab yang terputus; pintu dibanting dengan cara yang paling mengganggu.

Pada akhir pekan itu, saya dipindahkan ke penjara HaSharon, di mana saya merasa lega berada bersama tahanan wanita Palestina lainnya, beberapa anak di bawah umur, beberapa ibu seperti saya, dan beberapa wanita tua.

Setiap dua atau tiga hari, saya dibawa keluar dari sel untuk diinterogasi lagi. Saya akan pergi saat fajar dan kembali sekitar tengah malam. Kadang-kadang, saya dimasukkan ke dalam truk militer besar bersama wanita lain dan dibawa ke pengadilan militer. Kami dirantai secara individual atau satu sama lain. Kami akan menunggu berjam-jam hanya untuk diberi tahu bahwa sesi pengadilan telah ditunda ke tanggal kemudian.

Di sel kami, kami berjuang untuk bertahan hidup dalam kondisi yang keras dan pengabaian medis. Suatu kali seorang tahanan wanita tua tumbang. Dia menderita diabetes dan tidak mendapat perhatian medis. Kami semua mulai berteriak dan menangis. Entah bagaimana, dia selamat.

Saya berada di penjara selama sepuluh bulan. Ketika saya akhirnya dibebaskan dari penjara, saya ditahan di Yerusalem selama lima bulan. Saya merindukan keluarga saya. Saya memikirkan mereka setiap jam setiap hari. Tidak ada kata yang dapat menggambarkan betapa mengerikan pengalaman itu, untuk mendapatkan kebebasan Anda diambil, untuk hidup tanpa martabat dan tanpa hak.”

'Tahanan adalah pahlawan'

Jihad Jamil Abu-Ghabn menghabiskan hampir 24 tahun di penjara-penjara Israel karena berpartisipasi dalam Intifada pertama dan terlibat dalam pembunuhan seorang pemukim Israel. Ia dibebaskan pada 2011. Berikut penuturannya:

“Di penjara, para petugas penjara berusaha menghancurkan semangat saya dan mengambil martabat saya. Tidak hanya melalui kekerasan, tetapi juga melalui teknik khusus yang dimaksudkan untuk mempermalukan dan melemahkan moral saya.

Mereka sering meletakkan tas dengan bau paling busuk di kepala saya, yang membuat saya muntah berulang kali di dalam tas. Ketika tas itu dilepas, saya akan dibiarkan dengan wajah bengkak dan sakit kepala hebat akibat kekurangan oksigen yang terputus-putus.

Sepanjang interogasi saya (yang berlangsung berbulan-bulan), mereka menyuruh saya duduk di kursi dengan kaki yang tidak rata selama berjam-jam. Saya tidak pernah dapat menemukan posisi yang nyaman, yang membuat saya merasa sakit di punggung dan leher saya.

Kadang-kadang mereka akan memperkenalkan 'tahanan' ke sel saya, mengaku sebagai anggota asli Perlawanan Palestina. Saya kemudian menemukan bahwa para tahanan ini sebenarnya adalah kolaborator yang mencoba menipu saya untuk mengaku. Kami menyebut kolaborator ini assafir (burung).”

Tahanan Palestina adalah pahlawan. Tidak ada kata yang bisa menggambarkan ketabahan legendaris dan pengorbanan mereka yang tak terduga.

(T.RA/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir