Facebook tutup 265 akun palsu Israel yang mencoba mempengaruhi kebijakan negara lain

Sebuah perusahaan Israel terbukti mendanai pembuatan ratusan akun Facebook palsu untuk menggangu perpolitikan dan pemilu yang berlangsung di beberapa negara. Facebook menyatakan para pemilik akun telah menyalahi prinsip dan tujuan penggunaan media sosial.

BY 4adminEdited Fri,17 May 2019,12:31 PM

Rassd - Tel Aviv

Tel Aviv, SPNA – Layanan jejaringan sosial Facebook, Kamis (16/05/2019), menutup 265 akun palsu Israel yang digunakan saah satu perusahaan Israel untukmengganggu perpolitikan dan pelaksanaan pemilu di beberapa negara.

Dalam pernyataan di halaman resmi, Facebook menyebutkan, “Aktivitas elektronik yang bersumber dari negara Israel tersebut ditujuan untuk beberapa negara seperti Nigeria, Senegal, Togo, Angola, Niger, Tunisia di Afrika, dan beberapa negara Amerika Latin dan Asia Tenggara.”

Para pemilik akun tersebut menggunakan identitas palsu seolah mereka adalah salah satu warga negara atau kantor berita dari negara target. Mereka biasanya menyebarkan berita yang diklaim berasal dari para elit politik.

Meski pemilik akun-akun tersebut telah menyembunyikan identitas asli mereka dengan sangat baik, namun Facebook menyatakan berhasil membongkar jaringan mereka. Akun-akun tersebut dikelola oleh sebuah perusahaan komersial Israel, Archimedes Group.

Perusahaan tersebut kabarnya mengeluarkan dana sebesar 812 ribu USD untuk melangsungkan rencana busuknya.Pembayarannya dilakukan sebagian dengan menggunakan Real Brazil, Shekel Israel danDolar Amerika. Akun-akun tersebut pertama kali diaktifkan pada tahun 2012 dan yang paling terakhir pada bulan April lalu.

Facebook menganggap mereka telah menyalah gunakan fungsi dari jejeringan sosial dan melenceng dari prinsip-prinsip penggunaan media.

Perusahaan Israel tersebut dan seluruh cabangnya untuk saat ini tidak diperkenanakan untuk menggunakan jasa Facebook. Facebook telah menyampaikan langsung pesan itu kepada pemilik perusahan Israel tersebut.

(T.HN/S: Rassd)

 

leave a reply
Posting terakhir