Untuk mendorong investasi di Palestina, Amerika adakan Konferensi Ekonomi  Internasional di Bahrain

Rencana perdamaian Palestina-Israel, The Deal of Century, kabarnya mulai dijalankan Amerika. Washington merangkul Bahrain untuk mengadakan konferensi ekonomi Internasional guna mendorong pertumbuhan ekonomi Palestina.

BY 4adminEdited Mon,20 May 2019,10:08 AM

Manama, SPNA - Bekerjasama dengan Amerika Serikat, Bahrain akan mengadakan lokakarya ekonomi internasional, guna mendorong investasi di Palestina. Pertemuan yang diadakan di ibukota Manama tersebut akan berlangsung pada bulan Juni mendatang.

Lokakarya dengan tajuk “Perdamaian untuk Berkembang,” kabarnya akan berlangsung selama dua hari, yaitu antara tanggal 25 dan 26 Juni. Para ahli ekonomi dari beberapa negara akan berkumpul bertukar pikiran dan beradu strategi untuk memperbaiki ekonomi Palestina.

Dengan berkembangnya ekonomi, konflik yang telah berlangsung selama bertahun-tahun diharapakan dapat diselesaikan dengan pikiran terbuka. Demikian disampaikan Bahrain dan Amerika dalam sebuah jumpa pers bersama.

Menteri Keuangan Amerika, Steven Mnuchin, mengatakan, “Lokakarya ini akan diikuti oleh para pemimpin Timur Tengah, untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi di wilayah yang sangat penting.”

Di pihak lain, Menteri Keuangan Bahrain, Sulaiman bin Khalifah, berujar, “Pertemuan Ekonomi ini menunjukkan hubungan dekat antara pemerintah Bahrain dan Amerika Serikat. Serta kesamaan visi untuk membangun ekonomi di wilayah Timur Tengah.”

Sejumlah media Arab menyebutkan bahwa agenda tersebut merupakan bagian awal dari jebakan The Deal of Century.

Pemerintah Palestina dan beberapa negara Arab telah mengumumkan penolakan mereka terhadap tawaran perdamaian Amerika tersebut. Presiden Palestina, Mahmud Abbas beberapa waktu lalu telah menegaskan bahwa Amerika tidak lagi layak untuk menjadi mediator perdamaian antara Palestina dan Israel.

The Deal of Century dipastikan hanya akan menguntungkan pihak Israel. Hal tersebut dapat dilihat dari kedekatan Donald Trump dengan Benjamin Netanyahu. Serta beberapa kebijakan Amerika terakhir yang jelas-jelas mengabaikan hak-hak warga Palestina. Salah satunya pemindahan Kedubes Amerika dari Tel Aviv ke Yerusalem dan pemotongan sumbangan wajib Amerika untuk UNRWA.

Berbeda dengan apa yang disampaikan, Jared Kushner, Penasihat Senior sekaligus menantu Presiden Amerika Donald Trump.

Ia menyebutkan bahwa The Deal of Century akan ditunda untuk sementara waktu. Jared menegaskan bahwa pemerintahan Amerika akan lebih fokus dalam bidang ekonomi untuk sementara waktu.

(T.HN/S: Skynewsarabia)

leave a reply
Posting terakhir