Uni Eropa peringati semua pihak untuk tetap menjaga keamanan dan stabilitas di Timur Tengah

Uni Eropa mencoba menengahi ketegangan yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan Iran. UE mengajak semua pihak agar tidak menjadikan permasalahan menjadi sangat rumit.

BY 4adminEdited Tue,21 May 2019,01:45 PM

Brussels, SPNA - Uni Eropa mengajak semua pihak untuk menahan diri dan tidak menjadi sumber kekacauan di Timur Tengah. Pernyataan tersebut disampaikan, kamarin (Senin, 20/05/2019), merespon ketegangan yang berlaku antara Amerika Serikat dan Iran.

Pesan tersebut disampaikan oleh Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri dan Politik, Maja Kuchiganic, dalam sebuah jumpa pers.

Maja mengatakan, “Timur Tengah tidak butuh tambahan masalah yang dapat mengganggu keamanan dan stabilitas.”

Pekan lalu, Uni Eropa juga telah mengeluarkan pesan yang sama. Mereka meminta semua pihak menahan diri dan tidak termakan provokasi.

Ketegangan bilateral antara Amerika dan Iran belakangan semakin memanas, pasca pengiriman kapal induk dan sistem rudal patriot serta pesawat tempur B 52 ke pangkalan militer Amerika di Qatar.

Pergerakan Amerika tersebut, menurut Kementerian Pertahanan Amerika, merupakan respon dari ancaman serangan Iran terhadap kapal-kapal dagang Amerika yang pulang pergi dari negara Teluk.

Namun demikian, Iran telah membantah tuduhan tersebut. Merekalah justru yang sangat dirugikan dengan hukuman Amerika pasca keluarnya negara Paman Sam tersebut dari  kesepakatan nuklir.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir

Rusia dan Israel Diskusikan Masalah Stabilitas Timur Tengah

Dalam pernyataan singkat kepada wartawan, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa kedua menteri tersebut telah membahas beberapa masalah selama panggilan telepon. Sejumlah masalah tersebut di antaranya merupakan masalah-masalah yang berkaitan dengan keterlibatan Rusia dan Israel dalam memastikan stabilitas di kawasan Timur Tengah.