Jared Kushner kunjungi Maroko dan Yordania untuk memuluskan The Deal of Century

Amerika telah mengirimkan tiga pejabat tingginya ke Timur Tengah untuk menggoda para permimpin negara tersebut agar mendukung KTT Ekonomi yang akan berlangsung di Manama, Bahrain. KTT Ekonomi Manama merupakan langkah awal dari agenda The Deal of Century Amerika.

BY 4adminEdited Wed,29 May 2019,12:33 PM

Amman, SPNA - Gedung Putih, kemarin (Selasa, 28/05/2019), mengkonfirmasikan bahwa penasihat senior sekaligus menantu Presiden Amerika, Jared Kushner, yang bertugas melaksanakan agenda The Deal of Century, akan mengunjungi Maroko, Yordania dan Israel. Hal tersebut guna membahas poin ekonomi yang merupakan salah satu langkah agenda perdamaian Amerika, The Deal of Century.

Salah satu pejabat di Istana Kepresidenan Amerika menyebutkan, Kushner juga akan ditemani oleh tangan kanannya Jason Greenblatt dan delegasi khusus Amerika di Kementerian Luar Negari yang bertanggung jawab terhadap kasus Iran, Brian Hook.

Delegasi Amerika tersebut kabarnya akan tiba di Israel pada hari Kamis, untuk bertemu dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Perjalanan para pejabat tinggi Amerika  ini merupakan persiapan dari KTT Ekonomi Amerika-Bahrain di Manama akhir Juni mendatang.

Pertemuan antar negara Teluk itu merupakan salah satu bagian dari agenda The Deal of Century atau perjanjian abad ini yang diprakarsai oleh Amerika untuk menyelesaikan konflik Palestina-Israel.

Namun banyak pihak yang menolak KTT Manama. Karena secara umum dapat dipastikan bahwa Agenda Amerika tersebut hanya akan menguntungkan Israel.

KTT dengan tajuk “Perdamaian untuk Berkembang”, kabarnya akan berlangsung selama dua hari, yaitu antara tanggal 25 dan 26 Juni. Para ahli ekonomi dari beberapa negara akan berkumpul bertukar pikiran dan beradu strategi untuk memperbaiki ekonomi Palestina.

Dengan berkembangnya ekonomi, konflik yang telah berlangsung selama bertahun-tahun diharapakan dapat diselesaikan dengan pikiran terbuka. Demikian disampaikan Bahrain dan Amerika dalam sebuah jumpa pers bersama.

Media melaporkan, pertemuan tiga duta Amerika tersebut dengan Raja Maroko, Mohammed VI, telah berlangsung kemarin (Selasa, 28/05/2019). Selanjutnya mereka akan bertemu dengan Raja Abdullah II di Amman hari ini (Rabu, 29/05).

 (T.HN/S: Samanews)

leave a reply
Posting terakhir