Pengunjuk rasa Palestina: Warga Palestina harus bangkit melawan pendudukan Israel dan sekutunya

Bertepatan dengan Hari Al--Quds Internasional, para pengunjuk rasa menyeru warga Palestina untuk bangkit melawan imperialisme AS dan rezim Arab yang korup.

BY 4adminEdited Sat,01 Jun 2019,10:28 AM

Gaza, SPNA - Warga Palestina berkumpul di sepanjang zona penyangga Gaza-Israel pada hari Jumat (31/05/2019) untuk mengambil bagian dalam demonstrasi yang memprotes pendudukan Israel yang telah berlangsung selama puluhan tahun, lapor Anadolu Agency.

Dalam sebuah pernyataan, Otoritas Nasional Gaza untuk Penghapusan Pengepungan (NABS), yang mengorganisir aksi unjuk rasa mingguan, menyerukan kepada warga Palestina untuk "bangkit dalam menghadapi pendudukan Israel dan sekutunya, termasuk imperialisme AS dan rezim Arab yang korup."

Unjuk rasa hari Jumat kali ini bertepatan dengan Hari Al-Quds Internasional (Yerusalem), sebuah acara tahunan yang ditandai setiap tahun pada hari Jumat terakhir bulan Ramadhan.

"Pada Hari Al-Quds Internasional, kami mengakui hak rakyat Palestina untuk melawan pihak yang menindas kami," bunyi pernyataan NABS.

Sejak Maret tahun lalu, warga Gaza telah mengadakan aksi unjuk rasa setiap minggu di sepanjang zona penyangga Gaza-Israel untuk menuntut hak para pengungsi Palestina untuk kembali ke rumah mereka di Palestina yang bersejarah, tempat dari mana mereka diusir pada 1948 untuk memberi jalan bagi berdirinya negara baru Israel.

Mereka juga menuntut diakhirinya blokade Israel yang telah berlangsung selama 12 tahun di Jalur Gaza. Blokade ini telah memusnahkan ekonomi wilayah kantong pantai tersebut dan mempersulit sekitar dua juta penduduk dalam memperoleh komoditas pokok mereka.

Sejak aksi unjuk rasa dimulai lebih dari satu tahun yang lalu, sejumlah pengunjukrasa te;lah gugur - dan ribuan lainnya terluka - oleh pasukan Israel yang dikerahkan di dekat zona penyangga.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir