Brunei dan Bangladesh rayakan Idul Fitri pada hari Kamis

Perayaan Idul Fitri tahun ini tidak serentak berlangsung di seluruh dunia. Hal tersebut dipengaruhi oleh hasil rukyat hilal.

BY 4adminEdited Wed,05 Jun 2019,07:53 PM

Kairo, SPNA - Masing-masing dari pemerintah Bangladesh dan Brunei, Selasa (04/06/2019) mengumumkan bahwa satu Syawwal atau lebaran Idul Fitri jatuh pada hari Kamis besok (06/06).
Hal itu disebabkan oleh tidak terlihatnya hilal di kedua negara tersebut setelah proses penetapan hilal dilaksanakan. Warga kedua negara akan berpuasa pada hari ini (Rabu, 05/06)
Elwatanvoice melaporkan, terdapat sejumlah negara yang baru akan merayakan Idul Fitri pada hari Kamis. Negara-negara tersebut adalah Brunei, India, Pakistan, Bangladesh, Iran, Oman dan Maroko.
Sedangkan negara-negara Arab dan Islam lainnya serta negara yang memiliki penduduk muslim, berbeda-beda dalam menentukan awal Syawwal, antara Selasa dan Rabu.
Tujuh belas negara di antaranya merayakan Idul Fitri pada hari Selesa. Negara-negara tersebut adalah Arab Saudi, UEA, Bahrain, Kuwait, Qatar, Yaman, Lebanon, Iraq, Turki, Aljazair, Somalia, Libia, Comoros, Djibouti, Perancis, Rusia, Austria dan Amerika Serikat.
Sedangkan sejumlah negara lainnya mengumumkan bahwa awal Syawwal jatuh pada hari ini (Rabu, 05/06). Di antaranya Mesir, Tunisia, Suriah, Yordania, Palestina, Sudan, Indonesia, Jepang, Australia dan Malaysia.
(T.HN/S:)

leave a reply