Media Israel: Hamas kirim pesan gencatan senjata melalui Mladenov

Jual beli serangan antara pejuang Palestina dan Militer Israel berakhir damai. Hamas disebutkan mengirim pesan ‘letak senjata’ melalui utusan PBB untuk Timur Tengah, Mladenov.

BY 4adminEdited Sat,15 Jun 2019,09:33 AM

Gaza, SPNA - Salah satu media Israel, Maariv, Jumat (14/06/2019), melaporkan bahwa Hamas telah mengirimkan pesan damai untuk pihak Israel melalui utusan Khusus PBB, Nickolay Mladenov.

Dalam pesan tersebut Hamas meminta Israel untuk segera menepati poin-poin gencatan senjata yang ditandatangani pada awal bulan lalu, atau mereka akan memaksanya dengan cara yang lain.

Pejuang Gaza disebutkan memberi Israel waktu sampai pagi ini (Sabtu, 15/06) untuk memperluas area laut Gaza yang sempat dipersempit beberapa hari lalu.

Pertemuan antara Mladenov dan kepala biro politk Hamas, Ismail Haniyeh, tersebut berlangsung di Gaza, Jumat pagi (24/06). Kedua belah pihak membicarakan seputar komitmen Israel untuk memenuhi kesepakatan gencata senjata.

Ketegangan antara Palestina dan Israel bermula dari penyempitan perairan Gaza oleh militer Israel. Kebijakan tersebut menurut klaim Israel dilakukan untuk menghentikan balon pembakar yang ditembakkan dari Gaza.

Ketagangan pun berubah menjadi saling serang dengan menggunakan roket dan pesawat tepur di pihak Israel.

Pesawat tempur Israel Jumat dini (14/06), menyerang sejumlah titik di Gaza sebagai balasan terhadap roket yang jatuh di permukiman ilegal Yahudi Sderot.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir