Serangan Bom bunuh diri dekat pusat pemerintahan Somalia, 5 nyawa melayang dan 10 luka-luka

Pelaku meledakkan mobil yang ditumpangi di pos militer persimpangan Sidka dan menewaskan 5 orang.

BY 4adminEdited Sun,16 Jun 2019,12:11 PM

Mogadishu, SPNA - 5 orang meninggal dan 10 lainnya luka-luka dalam serangan bom bunuh diri dekat gedung Parlemen Somalia di Mogadishu, Sabtu (15/06/2019). Bom lainnya juga meledak di jalur menuju bandara namun tidak menelan korban.

Dilansir Anadolu agency, pelaku meledakkan mobil yang ditumpangi di pos militer persimpangan Sidka. Saksi mata yang menolak disebutkan namanya mengatakan bahwa pihak keamanan telah melepas tembakan ke arah mobil tersebut karena mencoba masuk ke gedung parlemen.

Lokasi serangan terjadi di dekat pusat pemerintahan Somalia, seperti gedung Kementerian Dalam Negeri, Parlemen bahkan Istana Negara.

Serangan bom bertepatan dengan pembukaan sidang parlemen Somalia yang berada hanya beberapa meter dari lokasi. Sedikitnya 5 orang gugur, salah satunya adalah prajurit. Serangan juga melukai 10 warga lainnya.

Beberapa menit setelah serangan pertama, bom kedua meledak di jalan menuju Bandara Internasional Mogadishu namun tidak menimbulkan korban.

Wakil kepala kepolisian Somalia,  Zakia Hussein Ahmed mengatakan pasukan pemerintah berhasil menggagalkan serangan kedua serta melumpuhkan dan menangkap pelaku yang mengendarai mobil berisi bom.

Dia mengatakan mobil tersebut meledak beberapa menit setelah tersangka keluar dari mobil dan dibekuk petugas. 

Kelompok ekstremis bersenjata, Al-Shabab mengaku bertanggung jawab atas serangan bom di dua lokasi tersebut.

Somalia telah mendeklarasikan perang melawaan Al-Shabab, gerakan bersenjata berafiliasi kepada Al-Qaeda yang didirikan pada awal 2004. Gerakan ini bertangung jawab atas serangan teroris yang telah merenggut ratusan nyawa warga sipil di Somalia.

(T.RS/S:AnadoluAgency)

leave a reply
Posting terakhir