Mike Pompeo tiba di Saudi untuk membahas ketegangan dengan Iran

Kemenlu Amerika tiba di Arab Saudi untuk membahas situasi terkini di Timur Tengah. Arab Saudi dan tiga negara koalisinya di Yaman mengutuk Iran atas penembakan Drone Amerika.

BY 4adminEdited Mon,24 Jun 2019,12:49 PM

Riyadh, SPNA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, hari ini (Senin, 24/06/2019), tiba di Arab Saudi untuk membicarakan situasi genting terkait Iran.

Situs AFP Perancis, mengutip dari pejabat senior Amerika, bahwa pertemuan Pompeo dan Raja Salman akan berlangsung di Jedah.

Kunjungan tersebut berlangsung sebelum Pompeo berangkat ke Uni Emirat Arab (UEA).

Arab Saudi dan tiga negara koalisinya di Yaman; UEA, Inggris dan Amerika Serikat, mengutuk aktivitas Iran yang telah menggangu stabilitas keamanan di Timur Tengah. Mereka juga meminta gerakan Ansarullah (Houti) Yaman untuk mempermudah pengiriman bantuan untuk warga Yaman.

Pagi Kamis (20/06/2019), Iran mengumumkan berhasil menjatuhkan sebuah drone Amerika yang memasuki jalur udara mereka. Pesawat tanpa awak tersebut jatuh di provinsi Hormozgan, selatan Iran.

Amerika sempat mengumumkan akan melakukan serangan ke tiga titik di Iran. Namun serangan tersebut dibatalkan Donald Trump untuk menghindari jatuhnya warga sipil.

Amerika menuding bahwa pesawat pemantau mereka ditembak di wilayah udara internasional.

(T.HN/S: Arabic.Sputniknews)

leave a reply
Posting terakhir