Longmarch Di Istanbul Berslogan "Kami Berjalan Hingga Al Quds Beba

BY Rizky SyahputraEdited Mon,30 May 2016,07:54 AM

Longmarch Di Istanbul Berslogan "Kami Berjalan Hingga Al Quds Bebas"

Istanbul - Suarapalestina - Ribuan warga Turki dan para aktivis yang peduli Palestina, Sabtu (28/05) mengikuti aksi gerak jalan memperingati 6 tahun insiden penyerangan kapal laut "Mavi Marmara" oleh militer Israel di perairan internasional yang menewaskan 10 warga Turki.

Menurut kantor berita turki, Anadol, aksi gerak jalan yang juga diikuti oleh warga Arab yang mukim di wilayah tersebut dimulai dari pusat kota Instanbul, ibu kota Turki dengan slogan berbunyi "kami berjalan hingga Al Quds bebas".

Para peserta gerak jalan tampak mengangkat tinggi tinggi bendera Palestina dan Turki. Mereka juga mengulang ulang teriakan yel yel dukungan terhadap warga Palestina serta tuntutan untuk mengakhiri blokade dari Gaza.

Diberitakan sebelumnya bahwa angkatan laut militer Israel menyerang kapal laut Turki "Mavi Marmara" dan "Marmara biru", yang sedang menuju Jalur gaza untuk menembus blokade pada pertengahan tahun 2010 silam. Kapal laut yang ditumpangi oleh lebih dari 600 aktivis yang mayoritas turki tersebut diserbu oleh angkatan laut Israel dengan tembakan secara brutal dan mengakibatkan gugurnya 10 aktivis asal turki dan melukai 50 lainnya.

leave a reply