49 warga Palestina luka-luka dalam demonstarasi di perbatasan Israel

Aksi unjuk rasa menentang blokade Israel di Gaza terus memakan korban. Kemenkes Palestina melaporkan, 50 warga luka-luka dalam demonstrasi Jumat kemarin.

BY 4adminEdited Sat,29 Jun 2019,10:51 AM

Gaza, SPNA - Puluhan warga Palestina Gaza luka-luka dalam aksi unjuk rasa pekanan di perbatasan Israel. Dilansir dari Qudspress, warga yang luka mencapai 49 orang. Delapan di antaranya wartawan dan tim medis.

Seperti dilaporkan media lokal Palestina, ribuan warga sejak Asar waktu setempat tumpah ruah di perbatasan Israel untuk berpartisipasi dalam unjuk rasa menentang blokade. Unjuk rasa yang dikenal dengan sebutan The Great March of Return tersebut telah berlangsung selama 64 pekan. Pertama kali digelar 30 Maret 2018.

Untuk mengantisipasi warga yang mencoba mendekati pagar perbatasan, militer Israel melepaskan peluru tajam, peluru karet dan gas air mata. Akibatnya puluhan warga luka-luka, tidak terkecuali wartawan dan tim medis.

Seperti yang diumumkan Kementerian Kesehatan Palestina, 49 warga luka-luka akibat serangan militer penjaga perbatasan Israel. Termasuk delapan orang dari wartawan dan tim medis.

The Great March of Return merupakan unjuk rasa yang diadakan untuk menuntut pelepasan Gaza dari blokade Israel. Warga juga menuntut hak kembali ke rumah mereka di wilayah yang saat ini dikuasai oleh Israel.

Sejak 30 Maret 2018 lalu, tercatat 318 demonstran meninggal di ujung senapan militer Israel. Sedangkan korban luka-luka mencapai 31 orang orang, 500 di antaranya mengalami luka serius.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir