Petinggi Hamas sambut delegasi intelijen Mesir di Gaza

Delegasi Mesir tiba di Gaza untuk membahas perkembangan perdamaian para pejuang Palestina dan Israel. Mesir sepakat untuk membangun kerja sama dengan Gaza guna mengurangi penderitaan warga.

BY 4adminEdited Sat,13 Jul 2019,01:51 PM

Gaza, SPNA - Para pemimpin Gerakan Perjuangan Islam Palestina (Hamas), Jumat (12/07/2019), menerima kedatangan delegasi intelijen Mesir di Gaza.

Para delegasi tersebut disambut langsung oleh Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, untuk membicarakan berbagai kasus yang sedang berlangsung di Palestina.

Dalam sebuah pernyataan, Hamas menyebutkan bahwa pemimpin faksi Palestina menunjukkan sikap positif untuk maju satu langkah demi menciptakan perdamaian lokal antar gerakan yang ada.

Hal tersebut berangkat dari tujuan bersama untuk melawan Perjanjian Abad Ini dan hasil pertemuan Ekonomi Bahrain.

Hamas juga melaporkan berbagai tindakan Israel yang merusak nota kesepahaman perdamaian dengan pihak Gaza. Israel disebutkan sengaja memperlambat pelaksanaan janji-janji yang tertuang dalam kontrak damai.

“Pejuang tidak akan menerima perdamaian jika Israel tidak segera menyingkap tabir blokade dari Gaza.” Sebut Hamas dalam pernyataannya.

Mesir sepakat untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan Gaza melalui jalinan kerja sama untuk meringankan penderitaan warga Palestina di Gaza.

Ketegangan perbatasan Gaza-Israel berlangsung sejak pertama kali warga Gaza menggelar unjuk rasa The Great March of Return akhir Maret 2018. Sejak saat itu warga rutin melakukan unjuk rasa yang telah berlangsung selama 66 pekan.

Pembubaran massa secara brutal yang dilakukan militer Israel menyebabkan 319 warga meninggal dan 31 ribu warga lainnya luka-luka. Tidak jarang, konfrontasi militer dan warga di perbatasan ini menjadi sebab dari jual beli serangan antara para pejaung dan militer Zionis.

(T.HN/S: Arabic.Sputniknews)

leave a reply