Bahas rekonsiliasi dan penghapusan blokade, delegasi PBB akan kunjungi Gaza 

Dalam beberapa hari mendatang delegasi Qatar dan PBB akan berkunjung ke Gaza untuk menindaklanjuti rekonsiliasi antar faksi Palestina serta membahas penghapusan blokade terhadap Gaza.”

BY 4adminEdited Sun,14 Jul 2019,02:06 PM

Jalur Gaza, SPNA - Gerakan Perlawanan Islam, Hamas, Sabtu (13/07/2019) melaporkan bahwa delegasi Qatar dan PBB akan berkunjung ke Gaza dalam beberapa hari kedepan dalam rangka membahas rekonsiliasi antar faksi Palestina.

Juru bicara Hamas, Abdul Latief Qanu’, dalam pernyataan yang dilansir Anadou Agency mengatakan : “Dalam beberapa hari mendatang delegasi Qatar dan PBB akan berkunjung ke Gaza untuk menindaklanjuti rekonsiliasi antar faksi Palestina serta membahas penghapusan blokade terhadap Gaza.”

Menurut Qanu’, mereka juga membahas suplai listrik dari Israel ke Jalur Gaza, pembangunan rumah sakit serta suplai air bersih.

Delegasi dari Badan Intelejen Mesir yang bertandang ke Gaza menyampaikan pesan kepada Hamas bahwa Israel berkomitmen dengan butir-butir perjanjian yang disepakati. 

“Kami telah menjelaskan kepada Mesir, sikap pemerintah Israel yang lamban dalam melaksanakan perjanjian tersebut, ‘’ terang Qanu’

Akhir 2018 lalu, faksi pejuang Palestina di Jalur Gaza yang  terdiri dari Hamas, Jihad Islam dan faksi lainnya meneken nota kesepahaman dengan Israel yang di mediasi oleh Mesir, Qatar dan PBB.

Berdasarkan perjanjian tersebut Israel harus mengurangi tekanan blokade terhadap Gaza sebaliknya warga Gaza menghentikan aksi demonstrasi menuntut kembali ke tanah air yang telah diselenggarakan setiap Jum’at di perbatasan Gaza sejak 2018 lalu.

Namun, berdasarkan keterangan dari pihak Palestina, Israel tidak serius dan komitmen dengan perjanjian tersebut.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir
1.JPG

Rakyat Gaza tuntut penghapusan blokade

Jalur Gaza, SPNA - Ribuan rakyat Gaza yang tergabung dalam gerakan perlawanan Islam Hamas, Front Rakyat Pembebasan Palestina dan Jihad Islam serta seluruh faksi nasional Palestina, Selasa (18/07/2017) melakukan long march dari Gaza Square menuju gedung dewan legislatif guna menuntut penghapusan blokade terhadap Jalur Gaza.