Agar terlihat tua, tahanan Palestina tidak perlu gunakan aplikasi 'Faceapp'

Momen viralnya penggunaan aplikasi Faceapp yang dapat mengubah penampilan seseorang terlihat tua, dimanfaatkan para aktivis Palestina untuk mempublis kondisi para tahanan Palestina di penjara Israel. Untuk terlihat lebih tua, tahanan Palestina tidak butuh aplikasi tersebut.

BY 4adminEdited Mon,15 Jul 2019,01:56 PM

Tepi Barat, SPNA - Jutaan pengguna media sosial, selama dua hari terakhir, terlibat aktif mengikuti tantangan Faceapp Challenge. Tantangan untuk mengunggah foto prediksi wajah di masa tua dengan menggunakan aplikasi Faceapp. Aplikasi ini juga dapat mengubah penampilan wajah seseorang agar terlihat lebih muda dari umur sebenarnya.

Namun bagi warga Palestina, khususnya mereka yang mendekan di penjara Israel, mereka tidak butuh aplikasi buatan Rusia ini untuk mendapatkan dua foto berbeda usia dari orang yang sama.

Pasalnya mereka ditangkap saat masih muda atau di bawah umur, dan baru dibebaskan setelah menghabiskan masa tahanan puluhan tahun.

 Atau bahkan mereka bisa masuk dalam kondisi hidup, kemudian keluar sebagai jasad yang tak bernyawa.

Sesuai dengan data resmi, terdapat 500 warga Palestina yang sedang menjalani hukuman seumur hidup di penjara Israel. 40 tahanan dilaporkan yang telah mendekam di penjara selama 20 tahun dan 7 tahanan lainnya lebih dari 30 tahun.

Aktivis Palestina di Yerusalem, Khadijah Khuwaish, ia mempublish foto Nail Al-Barghutsi , salah satu tahanan Palestina yang telah bertahan di balik jeruji besi Israel selama lebih dari 39 tahun. Foto tersebut membandingkan penampilan Nail saat masih muda, dan pasca puluhan tahun di penjara Israel.

Pada keterangan foto Khadijah menuliskan, “Faceapp dapat mengubah penampilan Anda  menjadi lebih tua dari umur yang seharusnya. Tapi itu hanyalah prediksi. Di sini kami mengalaminya secara nyata.”

Islam Abu Aun, aktivis Palestina lainnya yang telah berpengalaman ditangkap beberapa kali, ia mengatakan, kebanyakan para tahanan akan terlihat lebih tua setelah beberapa tahun di penjara Israel. Hal tersebut dipengaruhi oleh tekanan jiwa dan penyakit yang menggerogoti.”

Secara keseluruhan, terdapat 5700 warga Palestina yang sedang menjalani hukumannya di penjara Israel. 48 di antara mereka adalah perempuan, 230 anak-anak, dan 500 orang tahanan administratif yang ditangkap tanpa alasan dan hak untuk membela diri di pengadilan.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply