Iran umumkan penangkapan 17 mata-mata Amerika, sebagiannya telah dijatuhi hukuman mati

Ketegangan hubungan Amerika-Iran semakin memuncak. Iran mengumumkan berhasil menangkap 17 mata-mata yang bekerja untuk badan intelijen Amerika Serikat.

BY 4adminEdited Mon,22 Jul 2019,01:49 PM

Tehran, SPNA - Minggu (21/07/2019), Iran mengumumkan penangkapan 17 belas mata-mata yang bekerja untuk kepentingan Amerika Serikat. Sebagian dari mereka telah dijatuhi hukuman mati.

Intelijen Iran menyebutkan  bahwa mereka berhasil membongkar jaringan mata-mata Amerika dan menangkap 17 orang tersangka.

Situs berita Iran, Fars, melaporkan sebagian mata-mata tersebut telah dijatuhi hukuman mati, informasi ini diperoleh dari salah seorang pejabat tinggi negara yang tidak disebutkan namanya.

Media Iran lainnya, ISNA, mengutip pernyataan dari Menteri Keamanan Iran, Muhammad Alawi, Ia mengatakan, “Kami telah melakukan identifikasi terhadap sejumlah mata-mata yang bekerja untuk Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Saat ini mereka telah kami bawa ke pengadilan untuk diproses.”

Ketegangan Amerika-Iran bermula sejak Presiden Amerika Donald Trump memilih keluar dari perjanjian Nuklir Iran. Pasca pengunduran diri sepihak, Amerika kemudian memberikan sejumlah hukuman untuk Iran secara bertahap.

Kamis Pagi (20/06), Iran dilaporkan menjatuhkan salah satu drone Amerika, di Provisi Hormozgan, Selatan Iran. Amerika mengatakan bahwa drone tersebut diserang saat sedang terbang di wilayah udara Internasional.

Kamis malam, Amerika berencana menyerang tiga titik target di Iran. Namun dibatalkan 10 detik sebelum dimulai. 150 orang warga sipil Iran akan meninggal jika serangan itu dilakukan, ucap Donald Trump.

Amir Ali, Kepala AU Iran, mengatakan bahwa pesawat pengintai Amerika tersebut telah melanggar batas udara kami.

Sebagai ganti, Amerika memberikan hukuman tambahan untuk Iran dengan membekukan keuangan sejumlah tokoh besar mereka, termasuk tokoh spiritual Iran, Ali Khamenei. Ali Khamenei disebutkan mempunyai aset pribadi sebesar 200 miliar USD.

(T.HN/S: Aawsat)

leave a reply
Posting terakhir