Otoritas Palestina jalin kerjasama keamanan dengan Inggris

Pemerintah Palestina tandatangani kerjasama keamanan dengan Inggris. Pihak Palestina berharap bahwa kerjasama tersebut dapat diterjemahkan kemudian menjadi dukungan kemerdekaan.

BY 4adminEdited Tue,23 Jul 2019,10:14 AM

Ramallah, SPNA - Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh, Senin (22/07/2019), menandatangani nota kesepahaman kerjasama dengan Konsul Inggris, Philip Hull, di Kantor Perdana Menteri, Ramallah.

Mohammad Shtayyeh mengatakan, “Kami mengucapkan terimakasih untuk Pemerintah Inggris atas semua bantuan yang diberikan untuk membantu warga Palestina. Kerjasama ini dibangun atas dasar komitmen Inggris untuk menyelesaikan konlik Palestina secara adil, dan niat untuk menghentikan penjajahan.”

Shtayyeh juga berharap bahwa dukungan Inggris tersebut dapat diterjemahkan dalam bentuk pengakuan terhadap kemerdekaan negara Palestina. Khususnya dalam kondisi maraknya pembangunan hunia baru ilegal yang dilakukan pemerintah Israel di wilayah Palestina.

Di pihak lain, Konsul Inggris mengatakan , “Nota Kesepahaman ini adalah dukungan kami untuk kementerian dalam Negeri Palestina dalam bidang keamanan. Serta bukti komitmen kami untuk menyelesaikan konflik melalui “solusi dua negara”.

Solusi dua negara merupakan tawaran perdamaian yang ditawarkan Palestina dan negara Arab kepada Israel untuk menghentikan konflik. Jalur perdamaian tersebut mensyaratkan berdirinya dua negara yang berdaulat, Palestina dan Israel, secara berdampingan. Serta menjadikan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina.

(T.HN/S: Maannews)

leave a reply
Posting terakhir