Menteri Luar Negeri Oman kunjungi Iran untuk membahas ketegangan di Perairan Hormuz

Menlu Oman kabarnya akan berkunjung ke Iran untuk mendiskusikan kondisi yang sedang berlangsung di wilayah Teluk. Penangkapan kapal tanker Inggris oleh Iran menjadikan tensi politik di wilayah tersebut semakin panas.

BY 4adminEdited Tue,23 Jul 2019,10:16 AM

Muscat, SPNA - Menteri Luar Negeri Oman, Yusuf Ibn Alawi, Sabtu mendatang akan melakukan kunjungan ke Iran untuk membicarakan situasi yang berlangusung di wilayah Teluk. Pengumuman tersebut dikelurkan Kementerian Luar Negeri, Senin (22/07/2019).

Dalam sebuah postingan Kemenlu Oman di akun medsosnya menyebutkan bahwa Yusuf Alawi akan melangsungkan perjalanan ke Iran Sabtu mendatang, “Untuk membahas hubungan bilateral kedua negara, membangun investasi, khususnya terkait situasi yang sedang berlangsung di kawasan Teluk.”

Sejak hari Jumat lalu (19/07/2019), Iran dilaporkan melakukan penahanan terhadap salah satu kapal tanker Inggris. Iran enggan menghiraukan seruan internasional untuk melepaskan Kapal milik mantan penjajah Palestina tersebut.

Penahanan kapal Stena Impero London, menurut Iran dilakukan karena tidak memberikan konfirmasi setelah menabrak salah satu kapal nelayan di Perairan Selat Hormuz. Jalur laut yang digunakan untuk mengangkut sepertiga minyak dunia.

Penangkapan kapal Inggris itu terjadi beberapa waktu setelah pengadilan Gibraltar mengumumkan penambahan masa penahanan kapal tanker Iran selama 30 hari. Kapal minyak Iran tersebut ditangkap dua minggu lalu atas tuduhan ingin memasok minyak ke Suriah.

Hal yang bertentangan dengan hukuman Amerika Serikat dan Uni Eropa untuk Iran, yang dilarang melakukan transaksi penjualan minyak, sampai mereka mau menghentikan program nuklir yang dituduh menjadi sebab kagaduhan di wilayah Timur Tengah.

(T.HN/S: Skynewsarabia)

leave a reply
Posting terakhir