Rusia: Kami tak akan biarkan Kesepakatan Abad Ini yang diusung AS diberlakukan terhadap rakyat Palestina

“Delegasi PBB beperan dalam meningkatkan kepercayaan, memulai kembali perundingan antara kedua belah pihak dan tidak membiarkan solusi perdamaian internasional gagal dalam menyelesaikan konflik Palestina – Israel, ‘’

BY 4adminEdited Wed,24 Jul 2019,11:10 AM

New York, SPNA - Pemerintah Rusia menyerukan agar Dewan Keamanan PBB mengutus delegasi untuk menyelesaikan perselisihan antara Palestina dan Israel.

Dilansir Maannews, Vasiliy Nibenzya dalam sidang DK PBB yang digelar Selasa (23/07/2019) mengatakan: “Seharusnya DK PBB sejak lama sudah mengutus misi perdamaian untuk meredakan konflik antara Palestina dan Israel.”

“Delegasi PBB beperan dalam meningkatkan kepercayaan, memulai kembali perundingan antara kedua belah pihak serta tidak membiarkan solusi perdamaian internasional gagal dalam menyelesaikan konflik Palestina – Israel, ‘’ ujar delegasi Rusia untuk PBB tersebut.

Dia menjelaskan bahwa Rusia akan terus mendukung persatuan di Palestina serta mendukung peran Mesir dalam rekonsiliasi nasional.

Nebenzya menambahkan: “Pemerintah Rusia tidak menerima monopoli dalam langkah diplomatik dan politik, ‘’ sindirnya terhadap Kesepakatan Abad Ini yang diusung Donald Trump serta pernyataan utusan AS untuk Timur Tengah, Jason Greenblatt, yang mengatakan bahwa resolusi PBB terkait penyelesaian konflik Timur Tengah “tidak lengkap”.

Nebenzya kembali menegaskan: “Konflik di Timur Tengah hanya dapat diselesaikan berdasarkan hukum internasional yang telah dirumuskan oleh Dewan Keamanan PBB dan  Revisi terhadap konsensus ini dapat dilakukan di DK PBB , ‘’ tegasnya.

Kesepakatan Abad Ini atau Deal of Century adalah solusi  perdamaian yang dipelopori oleh Amerika Serikat untuk mengakhir konflik Israel dan Palestina. Namun Washington Post melaporkan bahwa Kesepakatan Abad ini diprediksi merugikan Palestina. Hal ini karena butir politik kesepakatan yang diusung AS tersebut berpihak kepada Israel dan tidak mendukung solusi dua Negara serta tidak menjamin kemerdekaan Palestina.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir