As-Sisi dan Raja Yordania Abdullah Ats-Tsani tegaskan dukungannya untuk kemerdekaan Palestina

Pertemuan As-Sisi dan Raja Yordania Abdullah Ats-Tsani tegaskan dukungan kedua negara untuk kemerdekaan Palestina. Menurut dua orang nomor satu di negaranya masing-masing tersebut, Two-state solution merupakan jalan satu-satunya jalan keluar dari kemelut konflik Palestina-Israel.

BY adminEdited Tue,30 Jul 2019,02:25 PM

Kairo, SPNA - Presiden Mesir, Abdel Fattah As-Sisi, Senin (29/07/2019), menerima kedatangan Raja Yordania, Abdullah bin Husein, di Kairo untuk membahas berbagai perkembangan yang sedang berlangsung di wilayah Timur Tengah. Di antaranya persolan Palestina.

Masing-masing dari As-Sisi dan Raja Abdullah menegaskan pentingnya usaha negosiasi perdamaian yang adil dan sesuai dengan Undang-Undang Internasional. Yaitu perdamaian yang menjamin berdirinya negara Palestina atas wilayah 1967 dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya.

Format perdamaian yang dikenal dengan sebutan Two-state solution tersebut, diyakini dapat menyelesaikan permasalahan Palestina-Israel.

Kedua pemimpin negara tersebut turut menyampaikan kecamannya terhadap politik penggusurah otoritas Israel yang menyebabkan puluhan rumah warga Palestina hancur.

Juru bicara resmi Presiden Mesir menyebutkan kedua belah pihak juga membicarakan kerjasama dalam hal pemberantasan terorisme. Serta usaha untuk menggalang dukungan internasional dalam merealisasikan rencana tersebut.

Mesir dan Yordania dilaporkan juga sepakat menjalin kerjasama dalam bidang ekonomi yang akan membantu berkembangnya kedua negara bersaudara tersebut.

Kantor Kerajaan Yordania mengkonfirmasi, pasca pertemuan dengan As-Sisi, Raja Abdullah disebutkan akan bertolak ke Tunisa, untuk menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Mantan Presiden Tunisia, Beji Caid Essebsi.

(T.HN/S: Palsawa)

leave a reply
Posting terakhir