Negara terkecil di Benua Amerika ini akui kedaulatan Palestina

Usaha diplomasi yang terus diusahakan Kementerian Luar Negeri Palestina kembali membuahkan hasil. Sebuah negara di benua Amerika, St Kitts and Nevis, umumkan pengakuannya atas kedaulatan negara Palestina.

BY adminEdited Tue,30 Jul 2019,02:26 PM

Ramallah, SPNA - Satu lagi negara internasional, akui kedaulatan negara Palestina atas wilayah yang telah ditentukan PBB pada tahun 1967 dengan Yerusalem sebagai ibu kota negara.

Pengakuan tersebut datang dari negara terkecil di Benua Amerika, Saint Kitts and Nevis, melalui sebuah pernyataan resmi negara yang dikeluarkan pada hari Senin (29/07/2019).

Surat pernyataan itu diserahkan Mark Brantley, Menlu St Kitts and Nevis, saat menyambut kedatangan Menlu Palestina, Riyadh Al-Maliki di ibu kota Basseterre.

Pengakuan tersebut juga diikuti dengan penandatanganan MoU untuk membangun hubungan dipomatik antara kedua negara.

Pihak Palestina menyatakan akan segara menentukan salah satu dutanya untuk ditempatkan di negara tersebut.

Kedua Menteri tersebut juga menandatangani kerjasama lainnya dalam beberapa bidang, seperti kesehatan, pertanian, ekonomi dan pendidikan.

Di sela pertemuan Riyadh turut menyampaikan salam dari Presiden Palestina Mahmud Abbas untuk Presiden St Kitts and Nevis.

Pengakuan kedaulatan ini disebutkan merupakan hasil dari lobi jangka panjang yang dilakukan Menlu Palestina, Riyahd Al-Maliki dan Kedutaan Besar Palestina di Venezuela.

Dengan bergabungnya St Kitts and Nevis, jumlah negara yang telah mengakui kedaulatan negara Palestina saat ini menjadi 140 negara.

(T.HN/S: Palsawa)

leave a reply
Posting terakhir