Memasuki puncak ibadah haji, 2 juta jemaah laksanakan wukuf di Arafah

Ritual pelaksanaan ibadah haji tahun telah memasuki puncaknya. Sebanyak 2 juta jemaah berkumpul di Arafah untuk melaksanakan wukuf.

BY adminEdited Sat,10 Aug 2019,03:20 PM

Palinfo - Mekkah

Mekkah, SPNA – Dua juta umat Islam yang telah berkumpul di Tanah Suci, hari ini, Sabtu (10/08/2019), melaksanakan ritual puncak ibadah haji, yaitu wukuf di Arafah.

Otoritas Arab Saudi mengumumkan jumlah jemaah haji tahun ini untuk sementara telah mencapai 2,1 juta jemaah, baik dari luar maupun dalam Saudi.

Jemaah secara umum berkumpul di Masjid Namirah. Masjid dimana Rasulullah menyampaikan Khutbah Arafah ketika melakukan Haji Wada’.

Namirah merupakan satu-satunya Masjid yang berada di dalam batas Arafah.

Sedangkan jemaah lainnya memilih untuk langsung mendatangi Jabal Rahmah, mengambil posisi wukuf.

Rangkaian proses wukuf akan dimulai dengan mendengarkan khutbah Arafah, shalat Dhuhur berjamaah, lalu diikuti dengan doa dan berbagai ibadah lainnya.

Setelah matahari terbenam, jemaah akan di bawa ke Muzdalifah untuk bermalam. Selanjutnya mereka kembali ke Mina esok harinya, bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah, atau hari lebaran pertama Idul Adha.

Pada hari ke sepuluh ini, jemaah akan disibukkan dengan pelemparan jamarah Aqabah, menyembelih hewan kurban atau fidyah, memotong rambut, lalu menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan tawaf ifadhah.

Kemudian jemaah akan kembali ke Mina untuk bermalam di sana selama tiga hari tasyrik, yaitu 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.

Selain menginap atau mabit, mereka juga diwajibkan melempar tiga jamarah selama tiga hari tersebut.

Komite Haji Saudi, Jumat sore (09/08), telah mengumumkan angka awal dari jumlah jemaah haji tahun ini. Dalam laporan itu disebutkan bahwa jemaah berjumlah 2.091.471 jemaah.

Namun angka tersebut masih bisa berubah, karena hasil penghitungan terakhir akan diumumkan hari ini, Sabtu (10/08).

Pada 2018 lalu, jemaah haji yang berkumpul di Saudi mencapai 2.371.675 jemaah.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply