Pejabat PBB: Pendidikan di Palestina memerlukan investasi

Pendudukan Israel, kemiskinan dan minimnya peluang ekonomi menyeret generasi muda Palestina ke gerbang keputusasaan.

BY adminEdited Tue,13 Aug 2019,09:21 AM

Anadolu Agency - Ankara

Ankara, SPNA - Koordinator Residen PBB untuk Wilayah Palestina, Jamie McGoldrick, pada hari Senin (12/08/2019) menekankan perlunya investasi untuk pendidikan dalam sistem pendidikan di Palestina, guna membantu generasi muda di wilayah itu dalam menghadapi tantangan.

Menandai Hari Pemuda Internasional bertema Transformasi Pendidikan, McGoldrick mengatakan bahwa pendudukan sangat penting untuk membentuk masa depan negara mana pun.

"Generasi muda Palestina menghadapi tantangan besar. Hidup di bawah pendudukan militer, angka kemiskinan yang tinggi, peluang ekonomi yang minim dan masa depan yang tidak pasti, yang semuanya mengarah pada perasaan putus asa yang mengkhawatirkan," tuturnya.

McGoldrick menambahkan bahwa kaum muda Palestina memiliki kreativitas, potensi dan kapasitas untuk berubah menjadi lebih baik.

"Dengan peluang yang tepat, mereka bisa menjadi pendorong untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) dan agenda pembangunan PBB tahun 2010," tambahnya.

Dikatakannya pula bahwa sistem pendidikan harus memberdayakan guna mencapai SDG dan tujuan PBB. "Sistem pendidikan," tambahnya, "harus memberdayakan dan mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar di masa depan."

Dia menggaris bawahi bahwa pemuda Palestina mengharapkan perhatian dan investasi kolektif untuk bisa mencapai tujuan PBB tersebut.

(T.RA/S: Anadolu Agency)

 

leave a reply
Posting terakhir