Bandara Ben Gurion Israel kacau akibat kemacetan sistem bagasi

Otoritas Bandara Israel mengatakan bahwa saat ini tidak ada solusi segera atas kerusakan tersebut - yang terjadi pada puncak liburan musim panas.

BY adminEdited Tue,13 Aug 2019,09:24 AM

MEMO - Tel Aviv

Tel Aviv, SPNA - Kerusakan pada sistem pernyortiran bagasi di Bandara Ben-Gurion Israel yang terjadi pada hari Senin (12/08/2019) menyebabkan keterlambatan dalam penyeberangan keluar, dengan beberapa penerbangan berangkat tanpa pengecekan terhadap barang penumpang, Haaretz melaporkan.

Otoritas Bandara Israel mengatakan bahwa saat ini tidak ada solusi segera atas kerusakan tersebut - yang terjadi pada puncak liburan musim panas. Sekitar 80.000 penumpang diperkirakan akan melewati Bandara Ben-Gurion pada hari Senin.

Kerusakan ini hanya mempengaruhi Terminal 3, sementara sistem bagasi Terminal 1 beroperasi seperti biasa.

Beberapa maskapai telah memutuskan untuk terbang sesuai jadwal, dan mengirim barang bawaan penumpang di kemudian hari.

Ben Gurion sendiri merupakan bandara yang relatif kecil dibanding banyak bandara besar di dunia. Namun, bandara yang terletak di kota Tel Aviv ini menjadi bandara internasional di Israel. Tingginya intensitas konflik dengan negara-negara lain di Timur Tengah, maka wajar jika bandara ini tak disasar untuk kenyamanan wisatawan. Alih-alih menawarkan pelayanan dan kenyamanan, otoritas Ben Gurion justru menerapkan sisem dan prosedur keamanan plus plus, tak hanya bagi calon penumpang, prosedur keluar masuk barang dan kargo pun harus melewati sterilisasi bertingkat. Bahkan yang menyebut pengamanan tertutup (intelijen) jauh lebih besar ketimbang pengamanan terbuka di bandara ini.

Namun bandara Israel selama ini juga acap kali dituding atas isu rasial terkait dengan prosedur keamanan mereka.

Warga Palestina dan Arab yang melewati Ben Gurion mengatakan mereka lebih sering disetop, digeledah, dan dipertanyakan. Beberapa tahun lalu, Pengadilan Tinggi Israel menolak melarang rekam dan analisis rasial yang diajukan oleh Asosiasi Hak Sipil di Israel.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir