Juru bicara kepresidenan Palestina mengecam kemungkinan dukungan AS atas pencaplokan Tepi Barat oleh Israel

Kecaman ini sebagai tanggapan atas langkah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang mencari deklarasi publik dari Presiden AS Donald Trump untuk mengakui kedaulatan Israel atas bagian-bagian Tepi Barat yang diduduki.

BY adminEdited Tue,13 Aug 2019,10:08 AM

WAFA - Ramallah

Ramallah, SPNA - Juru bicara kepresidenan Palestina, Nabil Abu Rudeineh, mengecam kemungkinan adanya deklarasi AS menjelang pemilihan Israel pada bulan September yang mendukung pencaplokan Israel atas bagian-bagian Tepi Barat.

Abu Rudeineh menekankan bahwa prosedur atau keputusan apa pun yang memengaruhi hak-hak nasional Palestina dan resolusi legitimasi internasional akan dianggap tidak sah.

Pernyataan tersebut dikeluarkan guna menanggapi laporan media yang menunjukkan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sedang mencari deklarasi publik dari Presiden AS Donald Trump untuk mengakui kedaulatan Israel atas bagian-bagian Tepi Barat yang diduduki.

Abu Rudeineh memperingatkan bahwa langkah seperti itu akan memiliki "implikasi serius" khususnya, sebab mengikuti pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibukota Israel, intrusi pemukim Israel yang sedang berlangsung ke kompleks Masjid Al-Aqsa dan posisi AS dalam masalah pengungsi Palestina serta tunjangan atas keluarga tahanan Palestina yang dibunuh oleh pasukan Israel.

"Langkah ini, jika diambil, maka AS akan terus bermain api," tambahnya, dan menekankan bahwa stabilitas dan keamanan tidak dapat dibagi dan bahwa "perdamaian tidak akan terjadi dengan harga berapa pun."

"Langkah ini tidak akan menetapkan hak apa pun kepada Israel, tidak juga akan menciptakan realitas palsu yang layak," tambahnya.

Sebagai kesimpulan, Abu Rudeineh menegaskan bahwa rakyat Palestina akan mempertahankan hak-hak nasional, sejarah, warisan dan situs-situs sucinya, tidak peduli berapa lama, dan menyatakan harapannya bahwa keadilan dan legitimasi Palestina pada akhirnya akan menang.

(T.RA/S: WAFA)

leave a reply
Posting terakhir