Gibraltar bebaskan kapal tanker Iran yang ditahan Angkatan Laut Inggris

Otoritas Gibraltar mengumumkan akan mengembalikan kapal tanker Iran yang ditahan sejak sebulan lalu. Disebutkan bahwa yang terpenting saat ini adalah kapal Iran tersebut tidak sampai ke Suriah.

BY 4adminEdited Thu,15 Aug 2019,12:17 PM

RT Arabic - Gibraltar

Gibraltar, SPNA – Surat kabar Inggris The Sun mengutip dari sumber dekat Perdana Menteri Gibraltar Fabian Picardo, ia mengatakan bahwa Gibraltar akan membebaskan kapal tanker milik Iran yang ditahan sejak beberapa minggu lalu.

Media tersebut melaporkan bahwa Picardo tidak akan meminta pembaruan perintah penahanan untuk kapal tanker "Grace 1", yang disita oleh Angkatan Laut Inggris di laut Mediterania Juli lalu. Menurutnya, yang terpenting saat ini bahwa kapal tersebut tidak sampai ke Suriah.

Seperti diketahui bahwa Grace 1 ditangkap saat sedang berlayar membawa minyak Iran ke Suriah. Hal yang bertentangan dengan hukuman ekonomi Amerika untuk negara nuklir tersebut.

The Sun mengutip pernyataan Picardo yang mengatakan, "Tidak ada alasan untuk mempertahankan Grace 1 di Gibraltar.”

Dua pekan setelah Inggris menangkap Grace 1, Iran membalasnya dengan ‘menjarah’ salah satu kapal Inggris yang sedang melewati perairan Hormus. Iran beralasan bahwa kapal Inggris tersebut menabrak salah satu kapal nelayan.

Otoritas Gibraltar mempunyai wewenang untuk mengatur daerahnya sendiri, meski sejumlah hal lainnya seperti pertahanan dan hubungan luar negeri masih menjadi tanggung jawab pemerintah Britania Raya.

(T.HN/S: Rt.Arabic)

leave a reply
Posting terakhir