Memprotes blokade Israel, pengacara Palestina gelar unjuk rasa di persimpangan Erez

Salah satu tuntutan para pengacara dalam aksi tersebut adalah dihentikannya pembunuhan terhadap warga sipil oleh pendudukan Israel.

BY 4adminEdited Wed,21 Aug 2019,11:06 AM

MEMO - Gaza

Gaza, SPNA - Sejumlah pengacara Palestina menggelar unjuk rasa di Jalur Gaza pada hari Selasa (20/08/2019). Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes atas blokade Israel yang telah berlangsung selama 12 tahun di wilayah tepi laut tersebut.

"Hentikan pembunuhan terhadap warga sipil oleh pendudukan" bunyi salah satu spanduk yang dipegang oleh peserta dalam aksi yang diadakan di persimpangan Erez di Jalur Gaza utara itut.

"Kami menyerukan masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawab moral dan hukum mereka serta campur tangan untuk mengakhiri pengepungan ini," Faten Lulu, seorang pengacara dari "Lawyers Against Blockade Association, sebuah LSM yang berbasis di Gaza yang mengorganisir aksi, mengatakan kepada Anadolu Agency.

Ia menambahkan, "Kami juga menekan Israel untuk memenuhi kewajibannya sebagai kekuatan pendudukan di bawah hukum internasional dan untuk membawa Israel ke akuntabilitas atas kejahatan terhadap warga sipil di wilayah Palestina."

Israel telah memberlakukan blokade yang melumpuhkan di Jalur Gaza sejak 2007 setelah kelompok Palestina Hamas memimpin kawasan itu.

Warga Palestina telah melakukan protes mingguan di dekat perbatasan Gaza untuk menuntut diakhirinya pengepungan Israel yang telah merampas hak dua juta penduduknya dari memperoleh kebutuhan dasar mereka.

Sejak unjuk rasa Gaza dimulai tahun lalu, hampir 270 pengunjuk rasa gugur - dan ribuan lainnya terluka - oleh pasukan Israel yang dikerahkan di dekat zona penyangga.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir