Pejabat Hamas bertemu Duta Besar Qatar di Gaza

Duta Besar Qatar kembali tiba di Gaza untuk membicarakan perkembangan MoU damai dengan Israel. Selain itu, ia dijadwalkan akan meninjau berbagai proyek bantuan Qatar yang sedang dibangun di Gaza.

BY 4adminEdited Sat,24 Aug 2019,12:11 PM

Gaza

Gaza, SPNA – Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, Jumat sore (23/08/2019), menyambut kedatangan Duta Besar Qatar, Muhammad Al-Amadi di Markas Besar Hamas, Gaza. Al-Amadi disebutkan tiba di Gaza Jumat pagi melalui jalur penyeberangan Beit Hanoun Erez di Utara Gaza.

Meski Hamas tidak mendetailkan tujuan kedatangan Duta Qatar tersebut, namun kedatangan Al-Amadi sudah menjadi hal yang biasa. Karena ia memang ditugaskan untuk meninjau pembangunan Gaza yang merupakan amanat dari bantuan kemanusiaan Qatar.

Kunjungan terakhir Al-Amadi ke Gaza berlangsung bulan lalu, bertepatan dengan pembagian uang tunai bantuan Qatar untuk 60 ribu keluarga kurang mampu Gaza.

Situs Anadolu menyebutkan bahwa Al-Amadi juga datang untuk membahas perkembangan perjanjian damai antara pejuang Gaza dan otoritas Israel.

MoU perdamaian antara pejuang Gaza dan Israel berhasil ditandatangani tahun lalu melalui mediasi Mesir, Qatar dan PBB. Israel berjanji akan sedikit melonggarkan blokade yang telah berlangsung di Gaza selama 13 tahun.

Sementara pihak Gaza diminta untuk menghentikan unjuk rasa pekanan yang berlangsung di perbatasaan Gaza-Israel.

Namun demikian, menurut pihak Gaza, Israel tidak pernah memenuhi isi perjanjian tersebut dan tidak berniat untuk menghapus blokade.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir