Israel sebarkan sistem pertahanan roket di sepanjang perbatasan

Israel juga menetapkan status waspada untuk setiap pangkalan udara. Kondisi ini terjadi menyusul pelanggaran dua drone Israel yang masuk ke wilayah udara Lebanon.

BY adminEdited Tue,27 Aug 2019,12:56 PM

Tel Aviv

Tel Aviv, SPNA – Militer Israel (IDF), Senin (26/08/2019), melakukan pengamanan perbatasan dengan menyebarkan sistem pertahanan roket (Iron Dome).

Stasiun televisi Israel, Channel 13, menyebutkan, “IDF lakukan pengamanan perbatasan dengan memasang iron dome di sepanjang perbatasan, Utara dan Selatan. Israel juga menetapkan status waspada untuk setiap pangkalan udara.”

Militer Israel dalam sebuah pernyataan menyebutkan bahwa mereka mendapat perintah dari Aviv Kochavi, Kepala Staf Militer Israel, untuk melakukan pengamanan di bagian Utara. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya serangan dari Hizbullah Lebanon, Iran atau Suriah.

Inisiatif pengamanan Israel ini merupakan hasil pertemuan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dengan Parlemen Israel (Knesset), Senin sore (26/08/2019), terkait ancaman dari utara dan selatan Israel.

Media Israel itu menyebutkan pula bahwa pertemuan tersebut berlangsung selama empat jam.

Sejalan dengan itu, situs Maariv melaporkan bahwa Netanyahu juga memanggil Benny Gantz, mantan Kepala Staf Umum Angkatan Pertahanan Israel, untuk meminta pendapatnya terkait situasi genting yang sedang berlaku.

Situasi ini terjadi pasca serangan Israel ke utara Suriah, dan 'jual beli' serangan dengan pejuang Palestina Gaza di selatan.

Dua pesawat Israel juga melakukan pelanggaran udara dengan masuk ke wilayah Lebanon. Kedua pesawat tanpa awak tersebut berhasil dijatuhkan oleh tentara Lebanon.

Dalam kasus serangan ke Suriah, Amerika Serikat melalui Menteri Luar Negerinya, Mike Pompeo telah menyampaikan dukungannya untuk Israel. Negara Zionis tersebut menurut Mike hanya sedang menjaga keamanan negara, tidak dalam posisi bersalah.

(T.HN.S: Palsawa)

leave a reply
Posting terakhir