Israel bujuk Inggris klaim Pasukan Revolusi Iran 'teroris'

Dalam pertemuan dengan Menlu Inggris Dominic Raab, Israel Katz meminta pemerintah Inggris untuk memasukkan kelompok Tentara Pengawal Revolusi Iran ke dalam daftar organisasi teroris dunia.

BY adminEdited Thu,29 Aug 2019,02:25 PM

London

London, SPNA – Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, membujuk Inggris untuk menempatkan Tentara Pengawal Revolusi Iran sebagai salah satu kelompok teroris.

Permintaan tersebut disampaikan dalam kunjungannya ke London untuk bertemu Menlu Inggris, Dominic Raab. Kedua utusan luar negeri tersebut banyak membicarakan seputar keamanan regional Timur Tengah.

Media Israel melaporkan bahwa Katz menyampaikan apresiasi tertinggi untuk pemerintahan Inggris yang telah memvonis Hizbullah sebagai jaringan terlarang. Ia meminta Inggris juga mengambil langkah sama terhadap Iran.

“Berangkat dari kejadian yang terjadi belakangan ini, berupa konspirasi Iran terhadap Israel, negara barat dan Timur Tengah, sudah saatnya untuk mengumumkan Tentara Pengawal Revolusi Iran sebagai organisasi terlarang,” Kata Katz seperti dikutip dari media Israel.

Katz diberitakan tiba di London pada Selasa (27/08/2019), dengan agenda bertemu dengan sejumlah pejabat penting di pemerintahan Inggris.

Pasukan Revolusi Iran merupakan salah satu sayap militer pemerintah Iran. Dibentuk setelah revolusi Iran  22 April 1979 atas perintah dari Ayatollah Khomeini.

Dalam sebuah film dokumenter yang diproduksi BBC, disebutkan  keterlibatan mereka dalam pembunuhan 179 tentara Inggris di Basrah, Irak.

(T.HN/S: Arabic.Rt)

leave a reply