Netanyahu Klaim Temukan Situs Nuklir Rahasia Iran

Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu menyatakan bahwa Intelijen Israel menemukan sejumlah lokasi reaktor nuklir rahasia di Iran, diantaranya dekat dengan kota Abada, selatan Esfahan.

BY adminEdited Tue,10 Sep 2019,11:32 AM

Tel Aviv

Tel Aviv, SPNA – Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu  menyatakan bahwa Intelijen Israel menemukan sejumlah lokasi reaktor nuklir rahasia di Iran, di antaranya dekat kota Abadeh.

Netanyahu dalam konferensi pers, Senin (09/09/2019), menjelaskan bahwa penemuan lokasi nuklir Iran telah dilaporkan ke IAEA.  “Intelejen kami menemukan jejak uranium di sebuah pabrik dekat kota Abadeh, provinsi Fars yang diklaim Teheran untuk membuat karpet.”

Netanyahu juga menampilkan sejumlah gambar satelit yang menunjukkan bahwa Iran menutup lokasi setelah mengetahui bahwa informasi tersebut bocor.

“Teheran akan melakukan segalanya untuk mencegah agar fasilitas nuklir mereka tidak bocor termasuk menghancurkannya. Israel tahu apa yang kalian  lakukan, kapan dan di mana, dan kami akan terus mengungkap kebohongan Iran dan tidak akan membiarkan mereka mendapatkan senjata nuklir,’’ ancam Netanyahu.

Di lain pihak Pemerintah Iran menegaskan bahwa Netanyahu melakukan penipuan publik. Menteri Luar Negeri Iran Muhammad Jawwad Zarif mengatakan, “Israel yang secara nyata mempunyai senjata nuklir justru berbohong terkait dugaan reaktor nuklir di Iran,” ujarnya.

(T.RS/S: Arabic.RT)

leave a reply