Rusia Minta Israel Tidak Mengulangi Serangannya ke Suriah dan Lebanon

Pemerintah Rusia mengingatkan Israel untuk dapat menghormati batas kedaulatan negara lain dan berjanji akan turun tangan jika Israel berani menyerang Suriah.

BY 4adminEdited Sat,14 Sep 2019,12:38 PM

Moskow

Moskow, SPNA - Situs Independent Arabia menyebutkan bahwa Rusia mengingatkan Israel untuk tidak mengulang serangannya ke Suriah dan Lebanon. Rusia mengancam akan menjatuhkan pesawat Israel jika serangan serupa kembali terjadi.

Peringatan seperti itu pernah dikeluarkan Rusia pada akhir Agustus lalu. Ketika itu Israel berencana melakukan serangannya ke salah satu wilayah Suriah, Qasioun, dengan tujuan melenyapkan sistem pertahanan  Rusia S-300.

Peringatan tersebut membuat Perdana Menteri Israel harus melakukan kunjungan dadakan ke Rusia untuk meyakinkan Vladimir Putin agar tidak ikut campur dalam serangan Israel ke Suriah.

Putin menegaskan bahwa Rusia tidak akan membiarkan Israel menyentuh militer Suriah dan bantuan perlengkapan militer Rusia yang diberikan untuk Suriah.

Namun demikian, Netanyahu mengumumkan bahwa pertemuan kedua pemimpin negara tersebut memberikan hasil positif. Meskipun, seperti dilaporkan media di atas, bahwa Rusia masih tetap pada pendiriannya.

Bahkan Putin ikut mengutuk aksi serangan drone Israel yang melewati batas teritorial udara Lebanon. Hal tersebut menurutnya telah mengganggu kedaulatan negara lain.

Pasukan Hizbullah Lebanon dan Militer Israel telah terlibat jual beli serangan di perbatasan pada awal bulan ini.

Seorang militer Israel dilaporkan tewas dan satu lainnya luka-luka. Tulis kantor berita Arabic.Rt.

(T.HN/S: Maannews)

leave a reply