Menteri Ekonomi Palestina: "Palestina Merugi Miliaran Dolar akibat Israel"

Hal ini akibat upaya Israel untuk pembatasan kuota impor dan menghalangi para penanam modal untuk berinvestasi di Palestina.

BY 4adminEdited Sat,14 Sep 2019,12:48 PM

Ramallah

Ramallah, SPNA - Menteri Perekonomian Palestina, Khaled Ossaili, menyebutkan bahwa Palestina menderita kerugian miliaran dolar yang disebabkan oleh Israel.

Hal tersebut berasal dari pembatasan kuota impor yang terus dilakukan Israel serta usaha pihak Zionis yang terus menghalangi para penanam modal untuk berinvestasi di Palestina.

Penyataan Ossaili yang ia sampaikan pada hari Sabtu (14/09/2019) ini merupakan tanggapan terhadap laporan Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD). PBB menyebutkan bahwa Palestina mengalami kerusakan sistem ekonomi yang cukup parah.

Kendali ekonomi Palestina yang dipegang oleh Israel, menurut Ossaili, merupakan alasan dibalik runtuhnya perekonomian Palestina. Termasuk blokade Jalur Gaza yang telah berumur 13 tahun.

"Kita terus berusaha maju untuk melepas perekonomian Palestina dari belenggu Israel," ucapnya.

Ia menambahkan, kerusakan ekonomi Israel seharusnya juga menjadi tanggung jawab negara-negara yang memberikan dukungannya terhadap Israel.

Perlu diketahui bahwa Israel adalah pihak yang mengontrol dan menikmati sebagian besar hasil alam Palestina. Dalam beberapa bulan terakhir mereka juga melakukan pemotongan dana bea cukai perbatasan yang seharusnya disetorkan kepada pemerintah Palestina.

(T.HN/S: Palsawa)

leave a reply
Posting terakhir

World Bank: Gaza Merugi 570 Juta Dolar Akibat Agresi Israel

Selain menelan korban jiwa, agresi terhadap Gaza juga menyebabkan kerusakan di sektor sosial, infrastruktur dan ekonomi. Rapid Damage and Needs Assessment (RDNA) mengungkapkan bahwa kerusakan fisik di Gaza mencapai 380 Juta Dolar, dan kerugian ekonomi mencapai 190 Juta Dolar.”