Harga Minyak Dunia Naik Pasca Serangan terhadap Perusahaan Minyak Saudi

Kenaikan ini mencapai 15 persen sebagai dampak dari penyerangan terhadap perusahaan minyak raksasa Saudi, Aramco.

BY 4adminEdited Mon,16 Sep 2019,01:30 PM

Riyadh

Riyadh, SPNA - Harga minyak dunia naik lebih dari 15 persen, Minggu (15/09/2019), ketika pasar dibuka setelah serangan terhadap fasilitas minyak Arab Saudi pada hari Sabtu. Serangan teroris dengan menggunakan pesawat tanpa awak tersebut ikut mempengaruhi lima persen pasokan minyak global.

Dilansir dari situs Arabic.RT, diperkirakan bahwa harga satu barel minyak akan naik hingga USD 100 dampak dari serangan terhadap perusahaan minyak raksasa Saudi, Aramco.

Para ahli membandingkan kondisi ini dengan peristiwa Perang Teluk pada tahun 1990, ketika operasi militer menyebabkan penangguhan pekerjaan ratusan ladang minyak di Kuwait dan Irak.

Menteri Energi Saudi, Abdul Aziz bin Salman, pada Sabtu malam , mengumumkan bahwa serangan itu mengakibatkan penangguhan produksi 5,7 juta barel minyak per hari. Melebihi 50% dari angka produksi per hari yang biasanya mencapai 9,8 juta barel.

Serangan terhadap perusahaan minyak Saudi tersebut dilakukan oleh kelompok Houthi Yaman, yang dikenal juga dengan gerakan Ansharullah.

Juru bicara militer Ansharullah, hari ini Senin (16/09/2019), kembali memperingatkan Arab Saudi bahwa mereka sanggup menjangkau setiap situs vital yang dimiliki Saudi. Arab Saudi diharapkan untuk segera menghentikan blokadenya terhadap Yaman.

(T.HN/S: Skynewsarabia)

leave a reply
Posting terakhir