Nickolay Mladinov Diminta Hadirkan Jalur Udara untuk Pengiriman Obat-obatan ke Gaza

Blokade Israel terhadap Gaza menjadikan kondisi kemanusiaan di wilayah tersebut kritis. Pihak Palestina berharap segera dibentuk jalur udara alternatif untuk mengirimkan obat-obatan ke Gaza.

BY 4adminEdited Mon,23 Sep 2019,12:35 PM

Gaza

Gaza, SPNA – Kepala Komite Perlawanan Blokade Israel, Jamal Al-Khudhari, Minggu (22/09/2019), meminta Utusan PBB untuk Perdamaian Timur Tengah, Nickolay Mladenov, untuk mengoperasikan armada udara guna pengiriman obat-obatan ke Gaza.

Ia mengatakan bahwa peringatan tentang kesenjangan kemanusiaan di Gaza yang di sampaikan Mladenov dinilai penting, namun itu tidak cukup. Perlu langkah nyata untuk memperbaiki kondisi yang ada.

Al-Khudhari mengajak utusan PBB tersebut mengirimkan pesan kepada lembaga kesehatan asing agar menggunakan jalur udara untuk pengiriman obat-obatan ke Gaza.

Ia menjelaskan bahwa rumah sakit di Gaza saat ini sedang mengalangi kekurangan 50 persen obat-obatan. Serta kekurangan 60 persen perlengkapan medis di laboratorium dan bank darah.

Blokade yang telah berlangsung selama 13 tahun jika dibiarkan akan menciptakan kondisi yang sangat memprihatinkan. Kebijakan Israel untuk ‘memenjarakan’ Gaza tentunya bertentangan dengan konsensus dan Undang-Undang Internasional.

Dalam pidatonya di depan Dewan Keamanan PBB di New York, Jumat (20/09/2019), Mladenov mengatakan situasi kemanusiaan di Jalur Gaza terus memburuk. PBB dalam hal ini mengumumkan dukungannya terhadap usaha perdamaian yang dimediasi oleh Mesir.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir