Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Pakistan

Gempa tersebut menewaskan 37 orang dan 450 lainnya luka-luka. Sejumlah rumah warga dan jalanan rusak pasca gempa yang berpusat di wilayah Jhelum dan Mirpur, Pakistan bagian utara.

BY Edited Thu,26 Sep 2019,02:11 PM

Islamabad, SPNA - Jumlah korban tewas akibat gempa di Pakistan pada Rabu (25/09/2019) bertambah menjadi 37 orang. Pemerintah menyebutkan tim penyelamat masih terus bekerja untuk mengevakuasi warga.

Gempa tersebut ikut menghancurkan rumah, toko-toko dan menyebabkan sejumlah ruas jalan retak di wilayah Jhelum dan Mirpur di utara, serta wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Mohammad Tayyeb, kepala pemerintahan lokal Mirpur, mengatakan bahwa jumlah korban tewas mencapai 37 orang, termasuk wanita dan anak-anak.

"Situasi perlahan kembali normal," kata Sardar Gulvaraz Khan, wakil inspektur jenderal polisi.

Khan mengatakan sebagian besar kerusakan terjadi di desa-desa yang rumahnya sudah tua.

Di sebuah kota di distrik Mirpur, lebih dari 200 orang berkumpul menghadiri pemakaman seorang anak berusia 18 bulan yang terbunuh dalam gempa tersebut.

Otoritas Manajemen Bencana Nasional mengatakan hampir semua yang tewas berasal dari Kashmir yang dikuasai Pakistan. Sedangkan korban yang luka-luka dan cedera mencapai 450 orang.

Menurut laporan  French Press Agency, Pakistan merupakan negara yang rawan terkena bencana gempa. Karena berada di perbatasan antara lempeng tektonik India dan Eurasia.

Lebih dari 73.000 orang tewas dan sekitar 3,5 juta lainnya kehilangan tempat pasca gempa berkekuatan 7,6 pada 8 Oktober 2005. Pusat gempa ketika itu berada di perbatasan Kashmir dan negara tetangga Khyber Pakhtunkhwa.

Guncangan akibat gempa kemarin ikut dirasakan warga dua kota terbesar Pakistan, Lahore dan Islamabad. Gempa itu juga terasa di New Delhi.

Menurut kantor berita India, Trust of India,  penduduk di sejumlah daerah di India, terutama di Rajasthan, Punjab dan Haryana, panik lari meninggalkan rumah atau kantor tempat mereka bekerja, saat gempa berlangsung.

(T.HN/S: Aawsat)

leave a reply
Posting terakhir

Gempa 3,8 Skala Richter Guncang Selatan Palestina

Sepuluh hari yang lalu, gempa berkekuatan 5,2 skala richter melanda Laut Putih lepas pantai barat Turki, dan ikut dirasakan oleh banyak penduduk Palestina. Selama tahun ini, beberapa gempa melanda Turki dan terkonsentrasi di selatan dan utara negara tersebut, wilayah Laut Mati, dan pantai laut. Kekuatan gempa bumi berkisar antara 3,6 derajat pada skala richter hingga 5,6 derajat.

Gempa Berkekuatan 6,6 Skala Richter Guncang Turki dan Yunani

Departemen Manajemen Bencana dan Darurat mengatakan bahwa jumlah korban tewas di Turki akibat gempa telah meningkat menjadi 12, dengan jumlah korban luka-luka sudah mencapai 419 jiwa. Operasi pencarian dan penyelamatan di 17 bangunan yang runtuh atau rusak akibat gempa terus berlanjut.