95 Persen Tahanan Palestina Mengalami Penyiksaan di Penjara Israel

Sebuah laporan yang dikeluarkan Komite Pemerhati Tahanan Palestina menyebutkan 95 persen warga Palestina mendapatkan penyiksaan tidak manusiawi di penjara Israel. Sejak tahun 1967, sebanyak 73 warga meninggal dunia akibat dianiaya.

BY Edited Thu,03 Oct 2019,02:03 PM

Tepi Barat, SPNA - Komite Pemerhati Tahanan Palestina di penjara Israel mengatakan warga Palestina mendapatkan perlakuan tidak manusiawi saat ditangkap oleh militer Israel. 95 persen di antara tahanan dilaporkan mengalami penyiksaan sejak pertama kali proses penangkapan berlangsung.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hari Rabu (02/10/2019), Komite tersebut mengatakan bahwa sejak tahun 1967, sebanyak 73 tahanan meninggal dunia akibat mendapatkan penganiayaan.

Bahkan pada tahun 2013 lalu, seorang tahanan Arafat Jaradat meninggal dunia setelah hanya lima hari berada di penjara Israel. Ia meninggal akibat tidak sanggup menahan penyiksaan.

Penjara isolasi merupakan salah satu media yang digunakan oleh militer Zionis untuk menyiksa warga Palestina. Mereka juga tidak memperhatikan kelayakan penjara yang menyebabkan banyak tahanan yang jatuh sakit.

Militer Israel bahkan tidak segan untuk menembaki tahanan jika memang diperlukan.

Saat militer melakukan penangkapan, tahanan akan ditempatkan pertama sekali di penjara isolasi. Ruang sempit yang tidak memiliki ventilasi, dingin, serta membuat tahanan hanya bisa tidur sambil duduk.

Menarik, saat sedang viralnya aplikasi yang dapat memprediksi bentuk wajah seseorang ketika tua nanti, warga Palestina malah mempublish foto keluarga mereka sebelum dan sesudah keluar dari penjara Israel. Bekas penyiksaan terlihat jelas di wajah tahanan yang baru saja dibebaskan.

Dalam hal ini, Komite Pemerhati Tahanan Palestina meminta semua lembaga Hak Asasi manusia, baik lokal, Arab maupun Internasional agar menggunakan kekuatannya untuk memberikan tekanan terhadap Israel. Penyiksaan terhadap tahanan merupakan aksi yang membahayakan keberlangsungan hak asasi manusia.

(T.HN/S: Qudsn)

leave a reply
Posting terakhir