Perancis Hentikan Penjualan Senjata untuk Turki

Merespon serangan Turki ke wilayah utara Suriah, Pemerintah Perancis umumkan pemutusan kerja sama jual beli senjata dengan Turki. Negara tersebut tidak ingin senjatanya digunakan untuk melakukan serangan yang mengancam kedaulatan negara lain.

BY Edited Sun,13 Oct 2019,02:03 PM

Paris, SPNA – Pemerintah Perancis, Sabtu (12/10/2019), mengumumkan kebijakan terbaru negara tersebut untuk menghentikan penjualan senjata untuk Turki. Keputusan ini menyusul operasi militer Turki yang berlangsung di wilayah Suriah Utara.

Alasan di balik keputusan tersebut, karena dipandang dapat membahayakan keamanan negara-negara eropa.

Sesuai laporan Reuters, Dua Kementerian di pemerintahan Perancis, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri, mengadakan jumpa pers khusus untuk mengumumkan hal keputusan tersebut.

“Perancis yang memperkirakan bahwa serangan Turki ke Suriah akan segera berhenti, memutuskan untuk menghentikan seluruh rencana jual beli senjata degan Turki. Kami menakuti bahwa senjata tersebut akan digunakan dalam operasi militer ke Suriah.” Demikian pernyataan Pemerintah Perancis melalui dua Kementeriannya.

Sejak Rabu (09/10/2019) Turki melangsungkan serangannya ke wilayah utara Suriah. Operasi militer tersebut bertujuan menghabisi gerakan ‘terorisme’ Kurdi yang bersembunyi di wilayah itu.

Dikutip dari situs Skynewsarabia serangan itu masih berlangsung sampai hari Sabtu kemarin, bahkan semakin memanas.

Aksi turki ini mengundang kecaman dari sejumlah negara dunia. Namun Erdogan bersikeras tidak akan menjadikan kecaman tersebut sebagai alasan untuk menghentikan serangan.

(T.HN/S: Aawsat)

leave a reply
Posting terakhir
Israel tolak hentikan penjualan senjata ke Myanmar

Israel tolak hentikan penjualan senjata ke Myanmar

Israel menolak untuk menghentikan penjualan senjata ke junta militer di Myanmar, meskipun laporan terakhir dan data PBB menunjukkan pembantaian yang dilakukan oleh pemerintah negara tersebut terhadap minoritas Rohingya, demikian pula dengan perkosaan dan pengusiran secara sistemis.