Hasil Sementara Pilpres Tunia, Tokoh Anti Yahudi Menang

Adalah Kais Saied, tokoh anti Yahudi, untik sementara berhasil memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan presiden putaran kedua Tunisia. Diprediksi ia akan banyak mewarnai pemerintahannya dengan nilai-nilai Islam.

BY Edited Mon,14 Oct 2019,02:21 PM

Tunis, SPNA – Hasil sementara pemilu presiden Tunisia putaran kedua menempatkan Kais Saied sebagai presiden Tunisia terpilih. Kais jauh meninggalkan pesaingnya Nabil Karoui, dengan persentase 76,9% berbanding 23,1%, sesuai hasil surveidari Sigma Conseil.

Namun demikian, hasil resmi dari penyelenggara pemilu belum diumumkan. Pertisipasi warga dilaporkan berada pada angka 57,7%.

Para pendukungnya langsung tumpah ruah di jalanan kota merayakan kemenangan tersebut dengan meneriakkan yel-yel dukungan untuk Kais.

Dikutip dari situs lokal Palestina Al-Qudsn,  Kais merupakan tokoh yang terang-terangan menyampaikan kebenciannya terhadap Yahudi.

Ia pernah mengatakan, “Kita sedang berperang dengan Zionis. Normalisasi hubungan dengan Israel merupakan pengkhianatan.”

Selain itu, profesor hukum konstitusi kelahiran 1958 (61 tahun) itu, juga dikenal dengan gagasanya yang bercorak konservatif. Sebagian pengamat memprediksi bahwa pemerintahannya akan mengembalikan kekuatan agama dalam negara.

Buktinya, Kais adalah salah satu tokoh yang menentang undang-undang persamaan harta warisan antara laki-laki dan perempuan, yang pernah heboh ketika pemerintahan sebelumnya.

Menurutnya metode pembagian harta warisan dalam Islam sudah sagat jelas dan telah final disampaikan dalam Al-Quran. Oleh karena itu tidak ada alasan untuk keluar dari ketentuan yang sudah ada.

(T.HN/S: Alarabiya)

leave a reply
Posting terakhir