Delegasi Dokter Yordania Pimpin Program Tranplansi Ginjal Terhadap Pasein Gaza

Program yang didudukung oleh Lembaga Bantuan Anak-anak Palestina (PCRF) tersebut akan dilansungkan dalam 3 hari  kedepan serta merupakan tahap ke dua dari program tanspalansi ginjal di Jalur Gaza.

BY Edited Thu,17 Oct 2019,10:08 AM

Jalur Gaza, SPNA – Kepala Departemen Nefrologi dan Transplantasi Ginjal, dr. Ghazi Yazji mengatakan bahwa 6 operasi transplansi ginjal akan dilaksanakan di Jalur Gaza oleh delegasi kedokteran Yordania.

Program yang didudukung oleh Lembaga Bantuan Anak-anak Palestina (PCRF) tersebut akan dilansungkan dalam 3 hari  kedepan serta merupakan tahap ke dua dari program tanspalansi ginjal di Jalur Gaza.

Yazji menjelaskan,  program ini bertujuan demi meringankan beban pasien gagal ginjal yang berjumlah 485  orang di Rumah Sakit Al-Syifa.

Selain itu juga untuk melatih tim medis lokal dan persiapan mendirikan pusat transplansi ginjal di Jalur Gaza.

Dia berharap pembentukan pusat transplantasi ginjal di Jalur Gaza segera dilakukan serta dioperasikan oleh staf medis lokal demi pasien.

Selama ini medis Gaza belum dapat melakukan  operasi transplantasi ginjal karena belum memenuhi standar.

Sementara itu, dr. Walid Masoud, Konsultan bidang tranplansi ginjal dan pembuluh darah serta Kepala Delegasi Dokter Yordania, mengatakan bahwa kunjungannya mereka  yang kedua tersebut bertujuan untuk menyelesaikan program transplantasi ginjal dimana pasien yang akan ditangani nantinya adalah mereka yang membutuhkan perawatan khusus.

Program ini juga bertujuan mendukung perjuangan  warga Gaza dan melatih tim medis lokal.

Diharapkan dengan program ini lembaga medis Gaza dapat melakukan operasi transplantasi ginjal melalui tenaga medis lokal.

Menurutnya, tim medis Gaza sangat terlatih dan memiliki keinginan besar menyukseskan program ini.

Disaat yang sama dr. Mohammad Abu Salmiya, Dirjen Rumah Sakit Al-Syifa menyampaikan terima kasih atas upaya delegasi medis Yordania yang bersusah payah agar dapat tiba di Gaza.

Dia juga mengucapkan terima kasih PCRF atas dukungannya terhadap Palestina melalui program kesehatan dan mengirimkan delegasi di bidang medis berkualitas ke Jalur Gaza. 

Hingga saat ini, delegasi dokter Yordania telah melakukan empat operasi transplantasi ginjal di Gaza.

(T.RS)

Nuruddin El-Harazin

leave a reply
Posting terakhir

Perempuan Palestina Pimpin Komite Kesehatan Gigi Masyarakat Dunia

Elham Kateeb sudah dua kali menjadi ketua Komite Kesehatan Gigi Masyarakat di FDI. Komite ini memantau dan memberi saran kepada Dewan FDI terkait peningkatan kesehatan mulut dan kesehatan umum dalam masyarakat yang kurang beruntung dan untuk mempromosikan kesehatan yang lebih luas.