Didakwa Lakukan Pelecehan Seksual, Kepala Operasi Angkatan Laut Israel Mengundurkan Diri

Pengunduran diri ini dilatar belakangi oleh sebuah laporan yang menyebutkan bahwa Jenderal Shai El-Baz melakukan pelevehan seksual terhadap sejumlah tentara wanita ketika mereka bertugas di unit yang dipimpinnya.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sat,26 Oct 2019,01:17 PM

Tel Aviv, SPNA - Kepala operasi angkatan laut Israel, Brigadir Jenderal Shai El-Baz mengundurkan diri pasca didakwa melakukan pelecehan terhadap seorang tentara wanita.

Pada Mei tahun lalu, El-Baz menjabat sebagai kepala operasi, dan sebelum itu, ia memimpin unit komando Shayet 13. Pihak militer Israel mengatakan bahwa El-Baz mengundurkan diri menyusul berita keterlibatannya dalam berbagai peristiwa satu dekade lalu.

Pengunduran diri ini dilatar belakangi oleh sebuah laporan yang diterbitkan akhir pekan lalu oleh Saluran 12 TV Israel bahwa sejumlah tentara wanita menuduh jenderal tersebut melakukan pelecehan seksual ketika mereka bertugas di unit yang dipimpinnya.

Berdasarkan laporan di militer Israel, pada tahun 2017 jumlah kasus pelecehan seksual naik 20 persen dibanding tahun 2016 yang mencapai 16 persen.

Terkait hal ini, pada tahun 2017 tentara Israel meluncurkan program pendidikan untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual. Selain itu, didirikan pula pusat rehabilitasi bagi tentara yang menjadi korban serangan seksual.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir