Utusan AS Hadiri Peresmian Sekolah Kedokteran Permukiman Ilegal Israel

Dalam sambutannya, David Friedman mengatakan, "Kedutaan Besar Amerika Serikat menikmati hubungan hangat dengan Universitas Ariel, dan kami terinspirasi oleh kontribusinya bagi masyarakat Israel dan dunia ilmiah."

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,29 Oct 2019,12:22 PM

Tepi Barat, SPNA - Duta Besar AS untuk Israel David Friedman, Minggu (27/10/2019), berpartisipasi dalam upacara peresmian sekolah kedokteran baru permukiman Israel, di Tepi Barat yang diduduki.

Seperti dilansir Times of Israel, Friedman menggunakan kesempatan itu untuk memuji perluasan Universitas Ariel.

"Sebuah sekolah kedokteran baru telah dibuka di Samaria," kata Friedman, menggunakan terminologi umum Israel untuk Tepi Barat utara. Atau lebih "Pantas untuk mengatakan sekolah kedokteran baru telah dibuka di Samaria! Berapa banyak orang yang mengira kata-kata itu akan diucapkan?"

"Kehidupan warga di wilayah ini, baik Yahudi, Muslim, Kristen - mereka sekarang telah ditingkatkan dan akan terus ditingkatkan dengan berbagai cara yang mendalam," tambahnya.

"Kedutaan Besar Amerika Serikat menikmati hubungan hangat dengan Universitas Ariel, dan kami terinspirasi oleh kontribusinya bagi masyarakat Israel dan dunia ilmiah," kata duta besar.

Friedman terkenal karena dukungan pribadinya yang lama untuk kolonisasi Israel atas wilayah Palestina yang diduduki Dia juga menjadi sosok yang sangat berpengaruh dalam dalam pembentukan kebijakan administrasi Trump.

Raja kasino AS - dan donor besar Trump - Sheldon Adelson memberikan $ 20 juta kepada Universitas Ariel untuk tujuan ekspansi, termasuk sekolah kedokteran, yang dinamai untuknya dan istrinya Miriam.

Adelsons hadir pula dalam upacara tersebut bersama anggota parlemen Naftali Bennett. Bennett. yang menjabat sebagai sebagai menteri pendidikan, mengarahkan melalui undang-undang baru pada Februari lalu, yang menempatkan lembaga pendidikan tinggi berbasis permukiman di bawah wewenang Dewan Pendidikan Tinggi.

Berbicara dalam acara tersebut, Bennett membual tentang momen perayaan "besar".

"Tidak ada lagi Garis Hijau," kata Bennett, dalam sambutan yang dikutip oleh Jerusalem Post. “Kami bersama Israel dan begitulah seharusnya. Kami akan melayani semua orang di sini."

Wakil Menteri Kesehatan Yaakov Litzman juga hadir. "Posisi profesional Kementerian Kesehatan adalah tidak mencampur-adukan politik dengan kedokteran," katanya. "Negara Israel berinvestasi dalam (sistem perawatan) kesehatannya, yang merupakan yang terbaik di dunia."

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir