23 Negara PBB Menuntut Cina Hentikan Diskriminasi Terhadap Umat Muslim

23 negara anggota PBB diantaranya Amerika Serikat, Inggris dan Jerman, Selasa (29/10/2019) mengkritik sikap Pemerintah Cina terhadap minoritas Muslim di Xinjiang barat

BY Edited Wed,30 Oct 2019,10:13 AM

Beijing, SPNA – 23 negara anggota PBB diantaranya Amerika Serikat, Inggris dan Jerman, Selasa (29/10/2019) mengkritik sikap Pemerintah Cina terhadap minoritas Muslim di Xinjiang barat.

PBB juga menyerukan Cina menegakkan hukum dan menghormati hak asasi manusia serta kebebasan berkeyakinan di Xinjiang dan di seluruh wilayah Cina, Shorouknews melaporkan.

Beijing juga dituntut berhenti menahan warga Uighur serta komunitas Muslim lainnya yang tidak bersalah.

Diperkirakan 1,5 juta Uighur, Kirgistan dan Kazakh telah ditempatkan di kamp-kamp di kawasan tersebut, seperti dilaporkan aktivis HAM.

Cina menyebut kamp-kamp tersebut sebagai pusat pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk menghapus terorisme dan ekstremisme agama.

Cina sebelumnya menolak permohonan serupa dari  22 negara pada Juli lalu. Kementerian Luar Negeri Cina menyebut hal ini sebagai campur tangan berlebihan dalam urusan dalam negeri di negara tersebut.

(T.RS/S:Shorouknews)

leave a reply
Posting terakhir

11 Negara Eropa Menuntut Israel Hentikan Pencaplokan Tepi Barat

Dilansir Rt Arabic (15/07) melalui petisi yang ditujukan kepada Komisaris Tinggi Uni Eropa untuk Kebijakan dan Keamanan Luar Negeri,  Josep Borrell, mereka mengatakan bahwa aneksasi oleh Israel terhadap wilayah Palestina di Tepi Barat  menimbulkan kekhawatiran besar bagi Uni Eropa.