Abbas Puji Dukungan Erdogan untuk Palestina

Mahmud Abbas dalam sebuah komunikasi jarak jauh dengan Erdogan memuji dukungan Presiden Turki tersebut untuk Palestina dan memintanya untuk mendukung suksesnya pemilu Palestina yang akan berlangsung.

BY Edited Mon,11 Nov 2019,10:09 AM

Tepi Barat, SPNA – Presiden Palestina Mahmud Abbas memuji dukungan Erdogan untuk Palestina  di setiap event internasional yang ia hadiri.

Pujian tersebut disampaikan dalam sebuah sambungan telepon kemarin, Minggu (10/11/2019), seperti diberitakan media lokal Palestina.

Dalam percakapan tersebut Abbas juga menyampaikan berbagai perkembangan terakhir di Palestina. Terutama yang berkaitan dengan Yerusalem dan berbagai kejahatan yang dilakukan Israel di kota suci tersebut.

Di pihak lain Erdogan juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung Palestina. Serta menjanjikan berbagai bantuan demi suksesnya pemilu Palestina yang sedang direncanakan.

Erdogan menegaskan pentingnya membangun sebuah koordinasi yang kuat antara kedua negara.

Pada hari yang sama, Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh juga melakukan komunikasi via telepon dengan Erdogan. Sama dengan Abbas, Haniyeh juga banyak membicarakan berbagai hal tentang pemilu Palestina yang diharapkan dapat menyelesaikan konflik lokal antar faksi Palestina.

Musyawarah pemimpin faksi dan Komite Pemilu Palestina pada 27 Oktober lalu, menghasilkan kebulatan tekat untuk segera melaksanakan pemilu Parlemen yang kemudian diikuti dengan pemilihan Presiden.

Pemilu terakhir Palestina berlangsung pada tahun 2005 dan berhasil dimenangkan oleh Presiden saat ini, Mahmud Abbas. Sedangkan pemilu Parlemen,kursi terbanyak berhasil diraih kelompok Hamas pada tahun 2006.

(T.HN/S: Qudsn)

leave a reply