Raja Yordania kunjungi Baqoura, wilayah yang baru saja diambil alih dari Israel

Raja Abdullah II melakukan kunjungannya ke Baqoura, satu dari dua wilayah yang baru saja diambil alih dari tangan Israel. Wilayah itu disebutkan memiliki peran esensial bagi Yordania, baik secara historis maupun letak geografis.

BY Edited Tue,12 Nov 2019,10:01 AM

Baqoura, SPNA – Raja Yordania, Abdullah II, Senin (11/11/2019), melakukan kunjungan ke Baqoura, wilayah Yordania yang baru saja diambil alih dari Israel.

Sesampai di sana Ia menerima arahan dari panglima militer wilayah Utara seputaran pentingnya Baqoura, baik secara historis maupun geografis.

Tanggal 10 November dua hari lalu merupakan hari terakhir dimana para petani Israel diperbolehkan untuk memasuki Baqoura dan Al-Ghamra.

Sebelumnya dua wilayah yang terletak di perbatasan Israel-Yordania tersebut, di pinjam Israel sebagai salah satu poin perdamaian antara Israel-Yordania tahun 1994. Israel berhak memakai wilayah tersebut selama 25 tahun sejak perjanjian itu ditandatangani.

Hak memanfaatkan area tersebut  dapat diperpajang dengan sendirinya jika saja Pemerintah Yordania tidak memintanya kembali.

Namun tahun lalu, Raja Abdullah, telah mengumumkan keinginannya kepada Israel untuk mengambil kembali wilayah tersebut.

(T.HN/S: Skynewsarabia)

leave a reply
Posting terakhir