Pompeo ajak negara Arab tidak boikot produk Israel

Menanggapi keputusan Liga Arab yang mengambil posisi menentang keputusan Amerika Serikat terkait permukiman ilegal, Mike Pompe, Menteri Luar Negari AS, ajak negara Arab tetap jalin hubungan dengan Israel agar terciptanya keamanan di wilayah Timur Tengah.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Wed,27 Nov 2019,10:13 AM

Washington, SPNA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Senin (25/11/2019), Mike Pompeo, mengajak negara Arab agar tidak memboikot produk Israel. Ia mengajak negara-negara tetangga Palestina bekerja sama dengan Israel demi tercapainya perdamaian di wilayah tersebut.

Peryataan tersebut disampaikan melalui sebuah cuitan Twitter. Ia menuliska, “Sudah saatnya bagi negara Arab untuk tidak memusuhi produk Israel. Hal tersebut demi terciptanya stabilitas keamanan di wilayah itu. Kita butuh sebuah negosiasi yang berani.”

Pernyataan tersebut menanggapi hasil keputusan para menteri luar negeri negara-negara Arab yang melakukan pertemuan luar biasa, Senin (25/11/2019). Negara Arab sepakat mengecam keputusan Amerika melegalkan permukiman Yahudi Tepi Barat yang berada di wilayah Palestina.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, Senin (18/11/2019), mengumumkan bahwa Washington tidak lagi menganggap ilegal permukiman Yahudi yang dibangun di Tepi Barat.

Dikutip dari Associated Press, Amerika berniat menolak deklarasi 1978 yang menganggap pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat bertentangan dengan UU internasional.

Dalam penjelasannya, Pompeo mengatakan bahwa Presiden Donald Trump tidak ingin mengikuti kebijakan Presiden Amerika sebelumnya Barack Obama.

Keputusan Amerika mendapatkan sambutan hangat dari otoritas Israel. Netanyahu bahkan bersyukur Amerika telah membenarkan ‘kesalahan fatal’ para ahli sejarah terhadap Israel.

Langkah terbaru Amerika ini merupakan respon terhadap keputusan Mahkamah Agung Uni Eropa yang memberi penanda pada setiap barang impor dari Israel. Khususnya produk yang diolah di permukiman ilegal.

(T.HN/S: Maannews)

leave a reply