Perdana Menteri Pakistan kunjungi Riyadh guna memperbaiki hubungan Saudi dan Iran

Perdana Menteri Pakistan kembali melakukan kunjungannya ke Arab Saudi. Pakistan disebutkan berhasil meredam api konflik yang berlangsung antara Arab Saudi dan Iran.

BY Edited Sat,14 Dec 2019,10:13 AM

Riyadh, SPNA – Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, hari ini (Sabtu, 14/12/2019), kembali melakukan kunjungannya ke Riyadh, guna membicarakan perbaikan hubungan Arab Saudi-Iran.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan, Muhammad Faisal, dalam konferensi persnya, kemarin (Jumat, 13/12/2019), mengisyaratkan bahwa kunjungan Imran Khan tersebut merupakan yang ke empat kalinya sejak Mei 2019. Hal tersebut menunjukkan keistimewaan hubungan yang terjalin antara Pemerintah Pakistan dan Kerajaan Saudi.

Menjawab soal wartawan yang menanyakan peran Pakistan dalam proses mediasi Arab Saudi-Iran, Faisal mengatakan bahwa Pakistan terus berusaha mendinginkan suasana yang berlaku.

Sebelumnya Imrah Khan telah melakukan kunjungannya ke Iran pada bulan Oktober lalu. Serta melakukan pertemuan khusus dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman pada bulan September. Juga pertemuan dengan Presiden Iran, Hassan Rouhani, di New York.

Situs Pakistan Today menuliskan rutinnya kunjungan barisan pemimpin Pakistan dalam beberapa waktu terakhir, baik ke Saudi ataupun Iran, menumbuhkan harapan perbaikan hubungan antara kedua negara Islam yang bertikai tersebut.

Keretakan hubungan Saudi-Iran memuncak saat berlangsungnya serangan rudal yang merusak dua fasilitas utama perusahaan minyak raksasan Saudi , Aramco. Iran merupakan pihak yang oleh banyak pihak dituduh bertanggung atas serangan itu.

(T.HN/S: RT.Arabic)

leave a reply
Posting terakhir