Seperempat Juta Buruh Gaza Pengangguran

Jamal Al-Khudari mengatakan bahwa seperempat juta buruh Gaza pengangguran. Di saat yang sama produksi industri Gaza menurun hingga 20% akibat blokade Israel yang masih terus berlanjut.

BY Edited Sat,14 Dec 2019,10:18 AM

Jalur Gaza, SPNA - Jamal Al-Khudari mengatakan bahwa seperempat juta buruh Gaza pengangguran. Di saat yang sama produksi industri Gaza menurun hingga 20% akibat blokade Israel yang masih terus berlanjut.

Anggota Parlemen Palestina dan Kepala Komite Rakyat untuk menghadapi blokade Israel terhadap Gaza tersebut menjelaskan bahwa blokade Israel terhadap Gaza selama 13 tahun berhasil melumpuhkan sektor ekonomi Gaza.

80% pertokoan di Gaza tutup dimana hal ini membuat sejumlah buruh terpaksa berhenti. Gaza juga tak mampu menyediakan lapangan kerja akibatnya jumlah pengangguran di Gaza meningkat hingga seperempat juta jiwa.

Selain itu blokade juga melumpuhkan sektor industri dimana Israel melarang masuk bahan baku. Akibatnya produksi sektor industri turun drastis.

Lembaga internasional telah menegaskan bahwa tahun 2020 situasi di Gaza akan lebih parah akibat blokade. Di masa itu Gaza menjadi wilayah tak layak huni sesuai standar yang ditetapkan dalam bidang kesehatan, suplai air dan listrik, serta penciptaan lapangan kerja.

Al-Khudari menyerukan lembaga internasional memainkan peran nyata dalam menangani masalah kemanusiaan yang telah melumpuhkan Gaza.

Dia juga meminta agar masyarakat internasional memaksa pendudukan Israel agar mencabut blokade terhadap Gaza karena bertentangan dengan hukum internasional, Konvensi Jenewa Keempat dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

(T.RS/S:Youm7)

leave a reply