Netanyahu: Brasil akan Pindahkan Kedutaannya ke Yerusalem pada Tahun 2020

Sebelumnya Brasil telah membuka misi perdagangan ke Israel di Yerusalem tahun ini.

BY Edited Mon,16 Dec 2019,11:37 AM

Yerusalem, SPNA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Minggu (15/12/2019), mengatakan bahwa ia telah diberi jaminan oleh putra presiden Brasil bahwa negara itu akan mengikuti langkah Amerika Serikat dan memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem tahun depan, menurut laporan Reuters.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah memberi isyarat sebelum dirinya bermaksud untuk memindahkan kedutaan negaranya di Israel ke Yerusalem dari Tel Aviv. Tetapi para pejabat senior kemudian mundur karena takut merusak hubungan dagang dengan negara-negara Arab.

Brasil telah membuka misi perdagangan ke Israel di Yerusalem tahun ini.

Putra Bolsonaro, anggota parlemen Eduardo Bolsonaro, memberi tahu misi dagang baru itu bahwa ayahnya, "memberi tahu bahwa, sebagai komitmen, ia akan memindahkan kedutaan ke Yerusalem." Meskipun dia tidak memberikan tanggal kapan hal itu akan dilakukan.

Netanyahu kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa dia bertemu dengan Eduardo Bolsonaro, yang mengatakan kepadanya bahwa mereka “berkomitmen untuk memindahkan kedutaan Brasil ke Yerusalem pada tahun 2020.”

Presiden AS Donald Trump melanggar konsensus global dengan mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel pada akhir 2017 dan memindahkan kedutaan AS di sana pada Mei tahun berikutnya.

Sebagian besar kekuatan dunia mengatakan status kota itu seharusnya hanya diputuskan sebagai bagian dari proses perdamaian dengan Palestina.

(T.RA.S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir